Elizabeth Latuihamallo, Lepas Peluang Ikut SEA Games Kini Jadi Perwira Polwan

oleh -1,824 views
AKP Elizabeth Latuihamallo SH. -dok pribadi-

suaramaluku.com – Nama lengkapnya Elizabeth “Isye” Latuihamallo SH. Lahir di Ambon pada 4 April 1978, merupakan anggota korps Polisi Wanita (Polwan) Polda Maluku dengan pangkat Ajun Komisaris Polisi (AKP) atau tiga balak di pundaknya.

Anak dari pasangan Dominggus Latuihamallo MSc dan Maria Joseph SPd ini, sehari-harinya menjabat sebagai PS Kepala Sub Bagian Perencanaan dan Administrasi (Kasubbagrenmin) Direktorat Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Maluku.

Kini, Isye sedang mengikuti Pendidikan Pengembangan Umum (Dikbangum)
Sekolah Staf dan Pimpinan Pertama (Sespimma) Polri Angkatan Ke-67 TA.2022 di Lembang Jawa Barat.

Ada kisah menarik di awal kariernya sebagai Polwan setelah lulus pendidikan Semaba PK tahun 1998/1999. Saat itu, ia sebagai atlet taekwondo atau taekwondoin Maluku harus minta ijin dari kesatuannya untuk masuk TC Pra PON tahun 1999.

Waktu itu, situasi dan kondisi keamanan di Ambon dan Maluku umumnya sedang tidak aman, karena terjadi kerusuhan massa. Akibatnya persiapan kontingen Maluku ke Pra PON maupun PON 2000 di Surabaya akhirnya harus dilakukan di Jakarta.

Namun tidak membuat Isye dkk di tim taekwondo Maluku dan atlet cabang olahraga (cabor) lainnya patah semangat. Meski diakuinya cukup ganggu perasaan dan konsentrasi mereka di pemusatan latihan daerah (Pelatda).

“Waktu itu baru lulus Polwan. Dipanggil untuk persiapan Kejurnas sekaligus Pra PON. Meski situasi keamanan di Ambon tidak kondusif. Kami di Jakarta tetap berlatih keras. Hasilnya beta raih medali perunggu dan lolos ke PON 2000. Teman-teman lain juga lolos,” ungkap Isye, yang berlatih taekwondo sejak di SMP Negeri 4 Ambon tahun 1990, belum lama ini.

No More Posts Available.

No more pages to load.