Petinju Maluku Hector Hehanusa Lolos ke Final Kejurnas di Medan

oleh -777 views
Petinju Maluku Hector Hehanusa (merah). -dokumen-

suaramaluku.com – Meskipun ikut Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Tinju 2022 dengan mayoritas petinju wajah baru, namun tim tinju Maluku mampu meloloskan petinju Hector Hehanusa ke partai final.

Hal itu dipastikan setelah pada babak semifinal di kelas 57 kg elitmen, pada Selasa (9/8/2022), Hector Hehanusa berhasil menang angka atas petinju tuan rumah Sumatera Utara, Iqbal Rasoki Simatupang.

“Kami bersyukur. Dari empat petinju baru yang tampil di level nasional seperti Kejurnas ini, satu atlet berhasil lolos ke partai final,” ujar Wakil Ketua Pertina Maluku yang juga manager tim, Ongki Nanulaita kepada media ini dari Medan, Selasa (9/8/2022).

Menurutnya, Hector di babak final akan melawan petinju nasional berpengalaman yaitu Jill Mandagie dari DKI Jakarta. Sebelumnya di partai penyisihan Hector kandaskan petinju Papua.

“Hector di final bertemu petinju nasional Jill Mandagie pada hari Rabu. Ini perjuangan berat. Tapi Hector siap tampil maksimal dan terbaik nanti,” tutur Ongki.

Hector Hehanusa baru berusia 24 tahun. Dia berasal dari sasana Bara Sakti asuhan pelatih David Isikiwar. Sehari-harinya dia adalah mahasiswa Unpatti Ambon.

Sementara itu, satu-satunya petinju senior pengalaman di tim tinju Maluku, Novi Sahuleka di kelas 54 kg elitmen yang alami musibah diserempet mobil sebelum bertanding saat joging di depan hotel dan batal bertanding, dikabarkan telah keluar dari RS Pringadi Medan.

“Kondisi Novi Sahuleka sudah membaik. Dia telah keluar RS Pringadi dan kembali ke hotel tempat tinggal tim Maluku,” jelas Ongki soal kondisi peraih medali perunggu PON 2021 di Papua itu.

Maluku mengirimkan lima petinju ke Kejurnas di Medan yang berlangsung pada tanggal 5–11 Agustus 2022. Dari lima atlet itu hanya Novi Sahuleka yang senior.

Sisanya empat petinju wajah baru adalah Hendrik Rahayaan kelas 60 kg elitmen, Hector Hehanussa kelas 57 kg elitmen serta Fransiskus Rainwawan kelas 60 kg youth, dan Rahmiaty Wakanno kelas 51 kg youth.

Mereka didampingi tiga orang pelatih yaitu: David Iskiwar, Frangky Soulissa, dan Marsel Layanan.(NP)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.