Warga Mardika, Da Silva, Diminta Hati-Hati Anjing Rabies, 12 Korban Gigitan Divaksin

oleh -123 views

suaramaluku.com- Warga kota Ambon yang berdomisili di seputaran supermarket Citra, Mardika, Da Silva, Soya Kecil, Tanah Tinggi dan sekitarnya diminta hati-hati terhadap adanya anjing rabies yang berkeliaran di kawasan tersebut.

Informasi adanya anjing rabies yang berkeliaran dan menggigit sehingga adanya korban gigitan anjing gila tersebut, diungkap oleh pemilik akun Facebook, Ranny Tahamata yang menulis anjing itu berkeliaran sejak Minggu malam hingga Senin (22/8/2022) dan saat itu disebut korban gigitan sudah 7 orang.

Terkait dengan itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon drg Wendy Pelupessy/P yang dikonfirmasi soal adanya korban gigitan anjing rabies itu, membenarkan adanya kejadian tersebut.

“Iya benar. Yang kena gigitan anjing rabies sudah divaksin di Puskesmas. Namun untuk penanganan anjingnya itu tupoksi nya Dinas Pertanian/Peternakan,” ujar Wendy kepada media ini, Senin (22/8/2022).

Lebih lanjut dijelaskan, untuk yang ditangani Puskesmas guna divaksin rabies sebanyak 12 orang.

“Itu yang datang dan melaporkan diri di Puskesmas. Rinciannya 5 orang di Puskesmas Belakang Soya, 4 orang di Puskesmas Rijali dan 3 orang di Puskesmas Tiahahu Valentein,” ungkapnya.

Sementara itu, baik Penjabat Walikota Ambon Drs Bodewin M. Wattimena MSi dan Sekkot Drs Agus Ririmasse AP MSi, yang juga dikonfirmasi menyatakan pihaknya sudah tindaklanjut dan kordinasi dengan pihak terkait.

“Kami sudah teruskan infonya ke Kadis Pertanian/Peternakan untuk ditindaklanjuti,” tutur keduanya, senada.

Informasi lapangan yang dihimpun media ini, korban gigitan anjing rabies di kawasan tersebut, sudah mencapai sekitar 40 orang bahkan ada yang sedang dirawat di rumah sakit. (SM-05)

No More Posts Available.

No more pages to load.