Tarif Angkot di Kota Ambon Resmi Naik 18 Hingga 20 Persen

oleh -94 views
Antrian mobil angkot di salah satu kawasan di Kota Ambon. -dokumen-

suaramaluku.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, resmi mengesahkan penyesuaian atau kenaikan tarif Angkutan Kota (Angkot).

Penyesuaian tarif ini menyusul kenaikan harga BBM jenis Solar, Pertamax dan Pertalite secara nasional pekan lalu.

Hal itu disampaikan Penjabat (Pj) Walikota Ambon, Bodewin M. Wattimena usai upacara HUT ke 447 Kota Ambon di Lapangan Merdeka Ambon, Rabu (7/9/2022).

Ia menerangkan, keputusan penyesuaian tarif angkot telah dibicarakan bersama antara Pemkot dengan Asosiasi Sopir Angkutan Kota Ambon (ASKA) dan disetujui DPRD.

“Setelah berdiskusi dengan ASKA untuk sama-sama cari jalan keluar guna penyesuaian tarif dan DPRD tidak keberatan atau menyetujui dengan beberapa perubahan yang dilakukan, maka Selasa (6/9/2022) saya telah tandatangani Peraturan Walikota (Perwali) penyesuaian tarif angkot di Ambon,” jelasnya.

Dikatakan, penyesuian tarif yang berlaku mulai hari ini, kenaikannya bervariasi antara 18 hingga 20 persen, Namun Pj. Walikota menjamin, kenaikannya tersebut tidak jauh dari presentasi kenaikan Harga BBM.

“Selain rumus yang sudah ada sesuai Peraturan Menteri Perhubungan, namun kita pertimbangkan sesuai jarak, medan jalan, apakah datar atau ada tanjakan yang turut mempengaruhi konsumsi BBM kendaraan, hal ini sudah kita diskusikan bersama DPRD,” bebernya.

Sebelumnya, Pj Walikota mengatakan kesepakatan penyesuaian tarif angkot tidak dapat diputuskan sepihak, namun harus melibatkan DPRD sebagai representasi masyarakat.

Sementara itu, kenaikan tarif angkot yang resmi ditetapkan Pemkot Ambon untuk sejumlah jalur diantaranya, jalur Batu Gajah, Skip dan Talake Rp 4.700 sebelumnya Rp 3.800.

Kemudian jalur Lin IV, Karang Panjang, Kudamati, Bentas, Air Salobar, Kayu Tiga, dan Kayu Putih Rp 5.500

Sedangkan jalur Stia Alaska, Soya, Kusu-kusu, Gunung Nona Kesia, Waringin Pintu, Passo/ Passo Larier, Wara Air Kuning, dan IAIN Rp 6.500. (*/SM-05)

No More Posts Available.

No more pages to load.