“Sailing Pass” Libatkan KRI, KAL dan Kapal Nelayan Warnai HUT TNI ke-77 di Teluk Ambon

oleh -1,500 views
Para petinggi TNI Polri dan sipil berfoto usai upacara yakni Danlantamal IX Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina, Pangdam Pattimura Mayjen TNI Ruruh A. Setyawibawa, Gubernur Maluku Irjen Pol (Pur) Murad Ismail, Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif dan Danlanud Pattimura Kolonel Pnb Tiopan Hutapea, Rabu (5/10/2022). -humas polda maluku-

suaramaluku.com – Perayaan HUT TNI ke-77 di Maluku, yang dipusatkan di kompleks Markas Komando Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) IX Ambon, kali ini agak berbeda dengan sebelumnya karena adanya kegiatan “sailing pass” di Teluk Dalam Ambon, Rabu (5/10/2022).

Komandan Lantamal (Danlantamal) IX Ambon Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina mengungkapkan, “sailing pass” tersebut sebagai bentuk unjuk kekuatan (show of force) dalam rangka HUT ke-77 TNI dengan menampilkan alutsista terbaru dan canggih guna pertanggungjawaban TNI kepada rakyat khususnya di Provinsi Maluku.

“Kami secara khusus mengundang masyarakat untuk saksikan perayaan puncak HUT TNI tahun ini yang diwarnai ‘sailing pass’ unsur KRI dan Kapal Angkatan Laut (KAL) yang berada di bawah jajaran Lantamal IX Ambon beserta unsur maritim dan perahu nelayan,” kata Latuconsina, seperti dilansir dari Antara.

Menurutnya, parade pelayaran itu, menunjukkan bahwa Lantamal IX siap menjaga keamanan dan keutuhan wilayah NKRI, khususnya di wilayah perairan laut Maluku yang luasnya mencapai 92,7 persen luas wilayah Maluku.

Selain 77 kapal nelayan, parade itu diikuti unsur Divisi I KRI Posepa-870, KRI Gulamah-869, KAL Alkura, KAL Hutumuri, Bakamla, Basarnas, unsur Divisi II Sea Rider 02 Satrol Lantamal IX, Polairud, Bea Cukai, Navigasi, KSOP, Pertamina, serta KMC Patkamla Saparua Satrol Lantamal IX.

Sedangkan para nelayan penangkap ikan di Kota Ambon, mengerahkan sejumlah kapal milik mereka untuk mengikuti “sailing pass” guna meriahkan HUT ke-77 TNI itu.

Sejumlah kapal penangkap ikan berukuran kecil berkapasitas satu hingga dua gross tonase (GT) ditempatkan di urutan terakhir arak-arakan KRI guna melewati tribun utama di Lapangan Upacara Lantamal IX Ambon yang jadi lokasi HUT TNI tahun ini.

“Kami sangat gembira bisa terlibat meriahkan HUT TNI tahun ini, apalagi bisa terlibat langsung dalam parade bersama kapal perang milik TNI AL,” ungkap Daniel, seorang nelayan Desa Ery, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon.

Daniel bersama lebih 70 nelayan dari beberapa desa di Kecamatan Nusaniwe diundang untuk terlibat dalam parade armada laut, sekaligus menunjukkan bahwa laut sebagai sumber kehidupan mereka sehari-hari.

Aksi para nelayan itu menjadi tontonan menarik bagi prajurit TNI dari berbagai angkatan maupun siswa SD hingga SMA yang ikut menonton dari pesisir pantai.

Sementara itu, pada kesempatan tersebut, Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Ruruh A. Setyawibawa, memberikan penghargaan kepada lima orang anggota TNI yang berhasil gagalkan penjualan senjata dan amunisi kepada KKB di Papua.

Turut hadir pada perayaan HUT ke-77 TNI tersebut, selain Danlantamal IX/Ambon Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina sebagai tuan rumah, juga Gubernur Maluku Irjen Pol (Pur) Murad Ismail, Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Ruruh A. Setyawibawa, Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif serta Danlanud Pattimura Kolonel Pnb Tiopan Hutapea. (*/SM-05)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.