Tanimbar Ditunjuk Bappenas sebagai Lokus Penanganan Stunting

oleh -41 views
Ilustrasi anak stunting. - istimewa -

suaramaluku.com – Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) menetapkan Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT) sebagai lokus penanganan stunting.

Guna menindaklanjuti kegiatan tersebut Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT), Dinas Kesehatan dan Dinas Pemberdayaan Perempuan telah melakukan kegiatan Bimbingan Teknis Penginputan Data pada Aplikasi Web Monitoring Delapan Aksi Konvergensi Stunting di Saumlaki, Kabupten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku.

“Delapan aksi konvergensi percepatan penurunan stunting tersebut, berguna untuk meningkatkan pemahaman tentang pedoman pelaksanaan konvergensi percepatan penurunan stunting di daerah.” kata  Perwakilan Direktorat Jenderal Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri, Gino Latuheru di Hotel Harapan Indah, Saumlaki, Rabu (26/10/2022), sebagaimana dirilis infopublik.id.

Aksi tersebut adalah Analisis Situasi, Rencana Kegiatan, Rembuk Stunting, Peraturan Bupati tentang Peran Desa, Pembinaan Kader Pembangunan Manusia, Sistem Manajemen Data Stunting, Pengukuran dan Publikasi Stunting, serta Revieu Kinerja Tahunan.

Menurut Gino, delapan aksi ini tidak hanya melibatkan dinas kesehatan semata, melainkan seluruh Organsasi Perangkat Daerah pengampu dan semua aksi tersebut harus diinput dalam web monitoring serta harus dipublikasi.

“Setiap aksi akan ada penangung jawabnya. Dan setiap operator aksi akan monitor langsung,” jelas Gino.

Dirinya mencontohkan, untuk aksi pertama yakni analisis situasi. Dimana analisis untuk menentukan desa lokus berdasarkan pada empat kriteria dan penangung jawab untuk aksi ini adalah badan perencanaan pembangunan daerah (Bappeda).

Pasca ditetapkan sebagai kabupaten yang menjadi lokus stunting oleh Bappenas, Pemda KKT telah menitikberatkan perhatian bagi 13 desa untuk melakukan percepatan penurunan stunting.

Lokus 13 desa tersebut yaitu Kecamatan Tanimbar Selatan di Desa Lermatang dan Desa Ilngei, Kecamatan Wertamrian di Desa Amdasa, Kecamatan Selaru di Desa Eliasa, Desa Fursuy dan Desa Werain. Kecamatan Kormomolin di Desa Alusi Bukjalim, Kecamatan Tanimbar Utara di Desa Ritabel, Desa Lelingluan dan Desa Lamdesar Barat. Sedangkan Kecamatan Wuarlabobar di Dusun Romnus, Dusun Wabar dan Desa Kilon.

No More Posts Available.

No more pages to load.