AKBP Maya Hitijahubessy, Resmi Jadi Kapolres Perempuan Pertama di Pesawaran Lampung

oleh -1,345 views
oleh
AKBP Maya Heny Hitijahubessy bersalaman dengan Kapolda Lampung usai sertijab. -ist-

suaramaluku.com – AKBP Maya Heny Hitijahubessy SH SIK telah resmi menjabat Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Pesawaran di wilayah Polda Lampung, pada Selasa 1 Agustus 2023.

Serah terima jabatan Kapolres Pesawaran itu bersamaan pergantian lima Kapolres lainnya yang dipimpin langsung oleh Kapolda Lampung, Irjen Pol Helmy Santika.

Hal ini merupakan rangkaian dari sejumlah TR rotasi jabatan pamen Polda Lampung berdasarkan Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/ 1396/ VI/ KEP./ 2023 tanggal 24 Juni 2023 dan Kapolri Nomor: ST/ 1588/ VII/ KEP/ 2023 tanggal 21 Juli 2023.

Dengan demikian, AKBP Maya Heny Hitijahubessy menjadi Kapolres perempuan pertama di Polres Pesawaran, Polda Lampung.

Sebelumnya perwira menengah berpangkat dua melati ini menjabat sebagai Kepala Bagian Operasional Satbrimob Polda Banten. Ia gantikan AKBP Pratomo Widodo yang bergeser menjadi Kapolres Way Kanan Polda Lampung.

“Saya telah sertijab hari Selasa 1 Agustus 2023 di Polda Lampung dipimpin pak Kapolda. Saat ini kebetulan saya sendiri yang Kapolres perempuan di Polda Lampung,” ungkap AKBP Maya saat dihubungi media ini via Whatsapp, Rabu (9/8/2023).

Menurutnya, pasca sertijab dirinya langsung melakukan kegiatan audensi dan silaturahmi dengan Forkopimda, tokoh masyarakat, agama dan tokoh adat, guna kelancaran tugas kamtibmas ke depan.

Untuk diketahui, seperti pernah ditulis, AKBP Maya Heny Hitijahubessy lahir di Ambon 4 Agustus 1977, merupakan anak dari pasangan Johanis Hitijahubessy (alm) dan Fransina Engel (alm), adalah bungsu dari 7 bersaudara dan bersuamikan Welhelmus Pieter Nanlohy yang juga berprofesi polisi.

Sebelumnya, ia mengaku, setelah lulus dari SMEA Negeri 1 Ambon tahun 1995, dia kurang berminat jadi Polisi Wanita (Polwan). Namun setahun kemudian pada 1996 ikut test Polwan dan ternyata lulus tahun1997 dengan penempatan sebagai bintara polisi (sersan dua) di Satuan Brimob.

“Masuk Polwan sebenarnya bukan kemauan sendiri. Tapi keinginan ayah yang juga seorang polisi. Karena dari tujuh anak, hanya saya yang akhirnya jadi polisi. Ini semua karena doa restu orang tua yang ingin anaknya meneruskan profesinya sebagai polisi,” ungkapnya.

Namun demikian, meski test Polwan di Ambon (Polda Maluku). Tetapi AKBP Maya mengaku belum pernah bertugas sebagai polisi di tanah kelahirannya. Sebab setelah masuk Polwan, dia ditugaskan di luar Ambon yakni di wilayah Polda Yogyakarta dan Polda Banten.

“Semoga suatu saat, beta bisa bertugas di tanah kelahiran dan asal orang tua,” katanya.

Dengan menjabat Kapolres Pesawaran di Lampung, maka AKBP Maya Hitijahubessy adalah perempuan Maluku ketiga yang jadi Kapolres. Sebelumnya ada AKBP Grace Rahabau (Kapolres Minahasa Utara Sulut) dan AKBP Rosita Umasugi (Kapolres Maluku Tengah).

Mereka ikuti jejak seniornya asal Maluku yang jauh sebelumnya merupakan perwira Polwan yang berkiprah di level nasional, seperti almarhum Brigjen Pol Paula Renyaan (Sekretaris Fraksi ABRI DPR RI/Wagub Maluku) dan Kolonel (Kombes) Herda Latuasan (Kepala Sekolah Polwan pertama) dan lainnya.

Selamat dan sukses AKBP Maya. Mengabdilah sebagai bhayangkari sejati dan profesional untuk bangsa dan negara. Tuhan memberkati. (nopin)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.