Jaksa Agung Ganti Kajati dan Wakajati Maluku 

oleh -734 views
oleh
Kantor Kejaksaan Tinggi Maluku. -dok-

suaramaluku.com – Jaksa Agung RI Sanitiar Burhanuddin melakukan rotasi dan mutasi puluhan pejabat di jajaran Korps Adhyaksa.

Hal itu tertuang dalam SK Jaksa Agung Nomor 272 Tahun 2023, tertanggal 9 Oktober. Dalam keputusan tersebut terdapat 47 pejabat setingkat eselon II yang dimutasi.

Selain itu, Jaksa Agung juga turut merotasi 232 pejabat setingkat eselon III melalui Surat Keputusan dengan nomor KEP-IV-498/C/10/2023.

Yang menarik dalam mutasi kali ini, Jaksa Agung menggantikan Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) dan Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi (Wakajati) Maluku sekaligus.

Kajati Maluku yang dijabat Edyward Kaban, SH MH dimutasi ke jabatan baru: sebagai Inspektur IV pada Jaksa Agung Muda Bidang Pengawasan Kejaksaan Agung di Jakarta.

Posisi Kaban sebagai Kajati Maluku diisi oleh Agoes Soenanto Prasetyo SH MH yang sebelumnya jabat Wakajati Sumatera Selatan di Palembang.

Agoes Prasetyo bukanlah orang baru di Kejaksaan Tinggi daerah ini. Karena pernah juga menjabat Wakajati Maluku sebelum pindah ke Palembang.

Sedangkan untuk posisi Wakajati Maluku yang dijabat oleh Andi Darmawangsa SH MH dimutasi pada jabatan baru: sebagai Wakajati Sumatera Barat di Padang.

Jabatan Wakajati Maluku selanjutnya ditempati oleh I Gde Ngurah Sriada SH. MH. Jabatan lama:nya yaitu Koordinator pada Jaksa Agung Muda Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara Kejaksaan Agung di Jakarta.

Selain itu, terdapat juga mantan Kajati Maluku yakni Dr. Undang Mugopal SH M.Hum yang menjabat Direktur Upaya Hukum Luar Biasa, Eksekusi dan Eksaminasi pada Jaksa Agung

Muda Bidang Tindak Pidana  Khusus Kejaksaan Agung di Jakarta, ditugaskan lagi sebagai Kajati Kalimantan Tengah di Palangkaraya.

Ada pula mantan Wakajati Maluku yakni Nanang Ibrahim Soleh SH MH yang kini menjabat sebagai Kajati Nusa Tenggara Barat di Mataram, dimutasikan sebagai Direktur Tindak Pidana Terhadap Orang dan Harta Benda pada Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Umum Kejaksaan Agung di Jakarta.

Sementara itu, mutasi dan rotasi juga terjadi di Maluku Utara. Yaitu Muhammad Syarifuddin SH. MH sebagai Wakajati Maluku Utara di Sofifi dipindahkan jabat Wakajati Sumatera Utara di Medan.

Jabatan Wakajati Maluku Utara selanjutnya dijabat oleh Basuki Sukardjono SH MH. Ia sebelumnya sebagai Koordinator pada Jaksa Agung Muda Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara Kejaksaan Agung di Jakarta. (NP)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.