“Bahasa Basudara Cafe”, Sarana Santai Sambil Belajar Bahasa Inggris

oleh -2,983 views
oleh
Suasana pembukaan Bahasa Basudara Cafe (BBC). (Foto Ist)

suaramaluku.com – Satu sarana baru untuk bersantai sambil belajar bahasa Inggris yakni “Bahasa Basudara Cafe” (BBC) kini telah hadir di kota Ambon.

Cafe tersebut telah dibuka pada Senin 4 Maret 2024 dan berlokasi di jalan Wolter Monginsidi kawasan Lateri (samping Gereja Sejahtera). Dengan manajer nya Boudewin Waas.

Menurut pendiri (founder) Komunitas Bahasa Basudara dan Bahasa Basudara Cafe, Jeff Malaihollo yang dihubungi media ini Rabu (6/3/2024), mengatakan, kafe ini berciri khas dimana para penggemar dan pembelajar bahasa berkumpul untuk membenamkan diri dalam dunia bahasa Inggris.

“Bahasa Basudara Cafe punyai konsep dasar sebagai “Educational Cafe”. Disini para pelanggan bisa menambah ilmu sambil menikmati kopi, teh, coklat atau minuman lain. Sepertinya ini Educational Cafe pertama di Ambon..yang pasti English Cafe pertama,” ungkap Jeff.

Ia menjelaskan, secara khusus diharapkan kafe ini bisa menjadi tempat buat teman-teman, adik-adik dan komunitas yang ingin berbicara Inggris, dari yang pemula sampai yang native speaker dapat berlatih dan saling bertukar pikiran. Practice makes perfect.

Di kafe ini, lanjutnya, juga disediakan buku-buku bahasa Inggris untuk anak-anak sampai ke novel-novel klasik untuk dibaca disana.

“Beta harap kafe dengan konsep unik ini bisa memberi nilai tambah bagi masyarakat di kota Ambon,” ujar doktor geologi yang menetap di London, Inggris ini.

Tempat menawan ini aman bagi mereka yang ingin melatih kemampuan bahasa Inggris tanpa takut dihakimi. Dengan dekorasinya yang unik, sudut baca yang asyik dan suasana hangat, Bahasa Basudara Cafe ciptakan lingkungan untuk pengunjung dapat terlibat dalam percakapan, nikmati secangkir teh, kopi, smoothies atau jus, dan jelajahi sastra Inggris dan budaya internasional yang berbeda.

Suasana pembukaan Bahasa Basudara Cafe (BBC). (Foto Ist)

Bagi anda seorang pemula, pelajar, atau pembicara berpengalaman, suasana kafe yang ramah memastikan bahwa setiap orang dapat bertukar ide, berbagi cerita, dan terhubung dengan komunitas orang-orang yang berpikiran dan memiliki minat yang sama terhadap bahasa Inggris. Di sini, tawa diterima, dan pembelajaran dirayakan, menciptakan surga di mana kata-kata tidak mengenal batas.

Untuk diketahui, Bahasa Basudara adalah sebuah komunitas orang Maluku yang ada di berbagai tempat di seluruh dunia. Dari komunitas ini muncul keprihatinan untuk meningkatkan kemampuan anak-anak Maluku berbahasa Inggris dengan baik.

“Dari Kelompok itu, kemudian muncul lah ide untuk membuat sebuah Cafe sebagai tempat komunitas bisa kumpul sebagai sarana belajar bahasa Inggris sambil ngopi,” jelas Reza Syaranamual, salah satu aktifis Bahasa Basudara.

Ciri khas Cafe ini adalah semua pengunjung baik yang sudah fasih maupun yang belum fasih, bisa sama sama belajar berkomunikasi dalam bahasa Inggris.

“Bung Jeff Malaihollo dan beberapa basudara memulia gerakan melatih bahasa Inggris dengan menggunakan media zoom meeting sebagai alat penghubung. Nah teman-teman yang mau jadi relawan akan diatur menjadi tutor untuk sejumlah anak-anak daerah di berbagai negeri di seluruh Maluku,” ujar Reza.

Kafe komunitas ini buka setiap hari dari jam 4 sore (16.00 WIT) sampai dengan jam 10 malam (22.00 WIT). Sedangkan pada hari Minggu dibuka jam 12 siang hingga jam 10 malam. (NP)

No More Posts Available.

No more pages to load.