BMKG Maluku Imbau Masyarakat Waspada Cuaca Ekstrim Selama Sepekan  

oleh -218 views
oleh

suaramaluku.com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Maluku menghimbau masyarakat Kota Ambon dan sekitarnya agar mewaspadai cuaca ekstrim selama sepekan ke depan.

Kepala BMKG Maluku, Djati Cipto Kuncoro dalam rilisnya yang diterima tim Media Center, Minggu (17/3/24), menyatakan cuaca ekstrim yang ditandai turunnya hujan dengan intensitas sedang – lebat dengan durasi waktu yang panjang, dapat menyebabkan bencana banjir rob, banjir bandang, dan tanah longsor.

“Wilayah dengan topografi curam, bergunung, tebing diharapkan dapat lebih waspada terhadap dampak yang ditimbulkan oleh cuaca ekstrim,” ungkapnya.

Berdasarkan pengamatan BMKG, beberapa wilayah di Indonesia berpotensi mengalami dampak bencana Hidrometeorologi sebagai akibat signifikan dinamika atmosfer yang turut meningkatkan cuaca ekstrim.

“Tercatat adanya hujan dengan intensitas lebat hingga ekstrim pada beberapa wilayah di indonesia termasuk di Maluku,” bebernya.

Kuncoro merinci penyebab terjadinya cuaca ekstrim yakni aktivitas Madden Julian Oscilation (MJO) serta fenomena Gelombang Kelvin, dan Rossby Equatorial yang masih terpantau dan diprediksi aktif dalam beberapa hari kedepan.

Selain itu BMKG juga memantau adanya tiga bibit siklon, yang salah satunya telah menjadi Siklon Tropis Megan.

Terkait Siklon Tropis Megan ini, Kuncoro menghimbau masyarakat agar tidak panik, namun tetap waspada akan kemungkinan cuaca ekstrim.

“BMKG akan terus melalukan pemantauan berkelanjutan 24/7 untuk perkembangan kondisi cuaca serta potensi pembentukan bibit siklon tropis di sekitar wilayah Indonesia. Masyarakat diminta untuk selalu memonitor perkembangan peringatan dini cuaca ekstrim dari BMKG,” tandasnya.

Seperti diberitakan, angin kencang dan hujan melanda Kota Ambon dan sekitarnya pada Sabtu (16/3/2024), mengakibatkan beberapa pohon tumbang dan atap rumah atau senk terlepas di beberapa kawasan. (^/SM-05)

No More Posts Available.

No more pages to load.