Momen Ketika Said Latuconsina dan Olly Dondokambey “Bakudapa” di Manado

oleh -214 views
oleh
Olly Dondokambey dan Said Latuconsina. (Foto Ist).

suaramaluku.com – Suasana keakraban mewarnai pertemuan hangat antara Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina (SL) dan Bendahara Umum Partai Demokrsi Indonesia Perjuangan (PDIP), Olly Dondokambey di Manado, belum lama ini.

SL seorang perwira tinggi TNI Angkatan Laut dari satuan marinir, saat ini memegang komando sebagai Komandan Lantamal IX Ambon.

Selain dengan salah satu politisi senior partai berlambang banteng moncong putih ini, pertemuan informal ini juga dihadiri sejumlah pengusaha.

Pertemuan yang disebut-sebut sebagai ajang silaturahmi ini, juga menjadi momen penting untuk berbagi pengalaman dan pemahaman dalam dunia politik.

Saat disinggung oleh wartawan mengenai tujuan pertemuan tersebut, SL menuturkan bahwa pertemuan ini adalah bagian dari silaturahmi dengan para petinggi partai, yang memang telah dipercaya rakyat Indonesia. PDIP telah terbukti menjadi pemenang pemilu di tingkat nasional.

Dalam kesempatan ini, SL menekankan bahwa silaturahmi ini bertujuan untuk belajar dari para senior, yang memiliki banyak pengalaman dalam dunia politik.

Olly Dondokambey (OD), yang dikenal dengan sikap tegas namun berhati baik, memberikan beberapa pesan penting kepada SL.

Menurut OD, dalam berpolitik, seseorang harus siap menghadapi sindiran, makian, dan fitnah dari lawan politik. Hanya dengan cara ini, seorang pemimpin dapat memperoleh kepercayaan dari partai mana pun.

Pesan-pesan singkat ini sangat berarti bagi SL, yang sebagai perwira tinggi, bertanggung jawab menjaga keamanan wilayah laut Provinsi Maluku.

Apalagi mengingat kunci keamanan wilayah laut provinsi Maluku ada di Angkatan Laut, sebab Maluku memiliki banyak pulau yang di dalamnya tinggal masyarakat dari berbagai suku, agama dan golongan sehingga SL pasti berpengalaman dalam menjaga kemajemukan tersebut.

Pertemuan ini berlangsung dalam suasana kekeluargaan yang hangat. SL disuguhi kue khas Manado, menciptakan suasana yang sangat akrab, penuh kehangatan dan kekeluargaan.

OD juga memperkenalkan beberapa pengusaha besar yang pernah berkecimpung di Maluku. Salah satu pengusaha tersebut adalah Suyono, yang lebih dikenal dengan nama alias Poka, karena ia lahir di Poka, sebuah desa yang terletak di Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon, Maluku.

Ketika ditanya apakah OD akan mendukung SL dalam pemilihan Gubernur Provinsi Maluku, November 2024 nanti, SL dengan rendah hati menolak untuk berkomentar lebih lanjut.

SL menyebutkan, tidak mau mendahului kehendak Yang Maha Kuasa yaitu Tuhan Allah SWT. Kalau Tuhan sudah berkehendak, maka tak akan ada satupun manusia yang bisa menghalangi skenarionya.

“Jika Tuhan sudah mengangkat, maka tidak ada yang dapat menurunkan. Begitu juga, ketika Tuhan sudah membuka pintu, tidak ada seorang pun yang dapat menutupnya. Selalu ada jalan yang terbuka bagi hamba-Nya yang jujur dan mendahulukan kehendak-Nya dan bukan kehendak manusia,” ungkapnya.

Jadi, kata SL, tunggu saja tanggal mainnya ya sambil bergegas menuju mobil meninggalkan kediaman politisi senior PDIP tersebut.

Ia menyatakan bahwa segala sesuatu bergantung pada kehendak Tuhan. SL yakin bahwa jika Tuhan berkehendak mengangkatnya sebagai pemimpin untuk negeri ini, maka tidak ada yang dapat menghalanginya.

SL percaya bahwa selalu ada jalannya, terutama bagi mereka yang jujur dan mengutamakan kehendak Tuhan di atas segalanya.

Sosok SL dikenal memiliki hubungan yang baik dengan para petinggi PDIP. Selain Olly Dondokambey, SL juga terlihat akrab dengan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, anggota DPR RI aktif Mindo Sianipar, dan Bambang DH, seorang politikus senior di jajaran DPP PDIP.

Hubungan yang erat ini menunjukkan bahwa SL adalah kandidat yang layak diperhitungkan sebagai Gubernur Maluku.

Latar belakang SL sebagai pati TNI AL memberikan keunggulan tersendiri. Sebagai Komandan Lantamal IX, ia telah berkontribusi besar dalam menjaga keamanan wilayah laut Maluku dan mengelola potensi kelautan yang dimiliki untuk kesejahteraan masyarakat.

SL juga dikenal karena upayanya mendekatkan masyarakat, dengan TNI Angkatan Laut melalui berbagai kegiatan.

Sejak menjabat sebagai Komandan Lantamal IX, banyak putra putri Maluku, yang terinspirasi untuk bergabung dengan TNI AL. Ini menunjukkan perhatian dan kepedulian SL terhadap generasi muda Maluku.

Dukungan masyarakat terhadap SL sangat kuat, dengan harapan bahwa ia akan membawa perubahan positif bagi provinsi kepulauan ini.

Tidak berlebihan, masyarakat Maluku memiliki harapan besar, bahwa SL akan menjadi gubernur yang mampu membuka peluang lapangan pekerjaan, dan mengatasi masalah pengangguran.

Visi SL untuk membawa kemajuan bagi Maluku, selaras dengan aspirasi masyarakat. Kepercayaan masyarakat ada di pundaknya, dan mereka berharap SL akan melanjutkan perjuangannya untuk membawa Maluku menuju masa depan yang lebih baik.

Pertemuan antara Said Latuconsina dan Olly Dondokambey serta sejumlah politisi lainnya di Manado ini, menunjukkan bahwa SL adalah figur yang berpotensi besar untuk menjadi Gubernur Maluku.

Dengan dukungan dari berbagai pihak dan latar belakangnya sebagai perwira TNI Angkatan Laut, SL diharapkan dapat membawa perubahan positif dan kesejahteraan bagi masyarakat Maluku. (*/RT)

No More Posts Available.

No more pages to load.