BPP IKB TNS Beri Apresiasi Sam Pormes Jadi Anggota Parlemen di Belanda

oleh -490 views

suaramaluku.com – Badan Pengurus Pusat (BPP) Ikatan Keluarga Besar (IKB) Teon Nila Serua (TNS) berikan apresiasi atas dilantiknya Samuel Richard Pormes atau populer disapa Sam Pormes, sebagai anggota parlemen di Dewan Provinsi Drenthe, salah satu provinsi di bagian timur laut Belanda.

Pelantikan Sam Pormes yang merupakan warga Belanda keturunan Maluku berdarah TNS itu di Dewan Provinsi Drenthe, telah dilaksanakan pada Rabu (13/4/2022).

“Kami mengapresiasi dan bangga untuk pak Sam Pormes. Karena sebagai warga keturunan Maluku di Belanda, beliau sebagai anggota parlemen di provinsi tersebut bisa eksis di tengah warga asli di sana,” ujar Ketua BPP IKB TNS Ir. Levina Wildamina Litaay MM di Jakarta kepada media ini, Kamis (21/4/2022).

BPP IKB TNS sendiri adalah ormas yang resmi secara nasional sesuai dengan Akta Pendirian Nomor: 05 tanggal 17 Januari 2017 – Notaris Sri Kusmantuti SH dan SK Kemenkuham RI : AHLI-0007230.AH 01.07 tahun 2017 tanggal 28 April 2017.

Selain Sam Pormes atas nama Partai GroenLinks, ada anggota lainnya bernama Roelof Oosting dari Partai Rakyat untuk Kebebasan dan Demokrasi (Volkspartij voor Vrijheid en Democratie, VVD).

Keduanya menggantikan Ria Haan dan Jan Smits, pada pergantian antar waktu, (PAW) lantaran kedua anggota DPR ini undur diri karena masuk di Dewan Kota.

Sam Pormes bersama Roelof Oosting akan menjalankan tugas sebagai anggota parlemen hingga tahun 2023 mendatang.

Figur Sam Pormes merupakan senator Belanda pertama keturunan Maluku. Ia pernah juga menjabat sebagai anggota Senat Belanda periode 2001 hingga 2006. Dari tahun 2019 dia menjadi anggota komisi khusus.

Sementara itu, BPP IKB TNS juga menyampaikan apresiasi kepada putra Maluku berdarah TNS di bidang militer, yaitu Brigjen TNI Arnold Ritiauw.

Ritiauw adalah mantan Komandan Korem 151/Binaiya Kodam Pattimura pertama yang berpangkat jenderal bintang satu. Beliau belum lama ini dimutasi sebagai Inspektur Divisi Infanteri 3 Kostrad.

“Kami juga beri apresiasi kepada Brigjen Ritiauw. Karena sebagai putra Maluku asal TNS, beliau konsen pada identitas asalnya. Makanya kami sebut beliau sebagai jenderal budaya,” ungkap Levina.

Ia menambahkan, ormas yang diketuai nya sangat fokus pada aspek pembangunan dan peningkatan sumber daya manusia (SDM) bagi wilayah TNS maupun pendidikan dan kapasitas warga TNS dimana saja berada. (SM-05)

No More Posts Available.

No more pages to load.