KKP-GEF 6 CFI Indonesia dan DKP Maluku Sosialisasi Karang Buatan di Kei Kecil

oleh -1,695 views
oleh
Suasana sosialisasi Karang Buatan pada perairan Kei Kecil di Langgur. -dokumen-

 

Penangkapan telur ikan terbang dan penggunaan alat bantu ini semakin masif seiring dengan harga telur ikan terbang yang terus meningkat. Informasi dari nelayan lokal Ur Pulau, harga rata-rata telur ikan terbang kering capai Rp. 500.000/kg.

Kepala Cabang Dinas Kelautan Perikanan Gugus VIII Maluku, Ir Tommy Bella, mengapresiasi kegiatan sosialisasi rehabilitasi terumbu karang yang dilakukan GEF 6 CFI Indonesia-KKP dan DKP Maluku.

Menurut Tommy, upaya ini akan berjalan efektif bila melibatkan masyarakat setempat. Rehabilitasi terumbu karang perlu dilakukan dengan berdayakan masyarakat untuk pembuatan percontohan karang.

Lebih lanjut ia berharap dengan kegiatan penanaman artificial reef pada lokasi yang rusak, metode ini membantu peningkatan kesehatan terumbu karang.

Kepala Dinas Perikanan Maluku Tenggara, Nicodemus Ubro, menyampaikan tentang pentingnya menjaga kelestarian ekosistem terumbu karang di kawasan konservasi.

Menurut Nico, kawasan konsevasi yang mencapai 150.000 hektar ini sebagaii taman laut pertama di Maluku, harus dikelola baik agar berdampak positif pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. “ini sejalan visi pak Bupati jadikan sektor kelautan perikanan dan pariwisata sebagai prime mover pembangunan di Maluku Tenggara,” tegasnya.

Sosialisasi itu dikemas dalam dialog terbuka diikuti oleh Dinas Perikanan Maluku Tenggara, Dinas Infokom, Dinas Cabang Kelautan Perikanan Gugus VIII Maluku, Perwakilan GEF-6 CFI Indonesia, Perwakilan WWF Indonesia, Camat Kei Kecil Besar, pejabat desa, tokoh masyarakat, adat, agama, perempuan dan nelayan Ur Pulau serta lingkup DKP Maluku.

Secara terpisah, Direktur Pengelolaan Sumberdaya Ikan DJPT KKP Ridwan Mulyana mengatakan bahwa pengelolaan perikanan dengan pendekatan ekosistem (EAFM) melalui GEF-6 CFI Indonesia diharapkan dapat memberikan manfaat lingkungan, sosial dan ekonomi yang berkelanjutan. (SM-05)

No More Posts Available.

No more pages to load.