Kota Ambon Kembali Dilanda Longsor, Banjir dan Pohon Tumbang

oleh -228 views
Kepala BNPB Kota Ambon Drs Demmy Paays bersama jajarannya turun ke lokasi pohon tumbang di kawasan Halong. -bnpb kota ambon-

suaramaluku.com – Hujan deras yang mengguyur wilayah Kota Ambon dan sekitarnya sejak Jumat pagi (8/7/2022) hingga menjelang malam, mengakibatkan kembali terjadi longsor, banjir dan pohon tumbang di banyak lokasi.

Sebelumnya, hal yang sama terjadi juga beberapa hari lalu di pekan ini. Termasuk terjadinya penundaan pendaratan (landing) beberapa pesawat yang akan tiba di Bandara Internasional Pattimura Ambon yang dialihkan ke bandara terdekat seperti Sorong dan lainnya.

Sesuai data yang diterima media ini dari Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Kota Ambon, Drs Demmy Paays yang diteken oleh Manager Pusdalops PB David Passal SE, sebaran longsor, banjir dan pohon tumbang terjadi di berbagai lokasi dalam kota maupun luar pusat kota, Jumat (8/7/2022).

Diantaranya, patahnya Talud penahan badan sungai di Desa Hunuth/Durian Patah RT002/RW002, Kecamatan Teluk Ambon.

Terjadinya pohon tumbang menimpa Gedung SD Inpres 42 Ambon di Amahusu, Kecamatan Nusaniwe mengakibatkan atap ruang kelas rusak sehingga ruangan tidak dapat dipergunakan.

Longsor di RT003/RW011 Batu Merah, Kecamatan Sirimau. (Depan Masjid PPN Tantui) dan antisipasi longsor di RT049/RW011 Dusun Amauri, Negeri Passo.

Patahnya  dinding pagar beton menimpa rumah Keluarga Aponno di jalan Inatuni, Kelurahan Amantelu, Kecamatan Sirimau mengakibatkan 1 kamar tidur dan ruang tamu, tidak dapat digunakan

Kejadian longsor juga di banyak lokasi lain seperti di belakang rumah Keluarga Sophia Luhulima RT031/RW011, Halong Baru, Kecamatan Baguala, di RT005/RW007 Batumeja, Kecamatan Sirimau, di RT005/RW003 Karpan dan di RT006/RW016, Negeri Batu Merah, Kec. Sirimau.

Juga longsor di RT004/RW004 Batu Gajah, Kec. Sirimau (Dekat Gereja Pniel), di rumah keluarga Zeth de Fretes, Batu Gajah, Kec. Sirimau, di belakang rumah Kel. Philipus Nahumury  RT001/RW003 (Skip Bawah) Batu Meja, di depan dan samping rumah Kel. Semuel Mataheru  RT002/RW003 (Skip Bawah) Batu Meja.

Hal yang sama terjadi longsor di depan rumah Kel. Petrus Hattu  RT002/RW003 (Skip Bawah) Batu Meja dan di belakang rumah Kel. Rooy Wadjo RT001/RW003 Jembatan Putih/ Batumeja serta di sekitar BTN Hative Kecil.

Selain itu, banjir juga terjadi di mana-mana yaitu RT001/RW001 Desa Hunuth, Kec. Teluk Ambon, di depan mall ACC, Passo, Kec. Baguala sehingga mempersulit aktivitas masyarakat di jalan utama dan di Waiheru.

Banjir juga di Negeri Lama, Kec. Baguala, di Waiheru, Kec. Teluk Ambon, di Poka sekitar kampus Unpatti, di Negeri Passo, Kec. Baguala, di Negeri Hative Kecil (Jembatan 1 Rupiah), Kec. Sirimau dan di Negeri Batumerah, Kec. Sirimau.

Sedangkan insiden pohon tumbang terjadi di Halong, Kec. Baguala sehingga menghambat akses dan aktivitas masyarakat.

Sementara itu, data yang dihimpun di lapangan, banjir dan genangan air yang tinggi juga terjadi di beberapa pemukiman dan ruas jalan di pusat kota Ambon seperti di kawasan Urimesing, Pohon Pule, Waihaong, Tanah Tinggi, Skip, jalan pantai sekitar Terminal Mardika dan lainnya.

Sampai berita ini diturunkan, tidak ada korban jiwa yang dilaporkan. Namun hingga Jumat malam pukul 20.30 WIT hujan deras masih mengguyur kota Ambon dan sekitarnya. (SM-05)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.