PSA Ambon U-16 Satu Grup Dengan PSM di Kejuaraan Nusantara Open 2022

oleh -532 views
Tim PSA Ambon U-16 Siap Berlaga pada Kejuaraan Nusantara Open 2022 di Bogor. -dokumen tim-

suaramaluku.com – Tim Persatuan Sepakbola Ambon (PSA) Kota Ambon yang pernah punya nama besar, namun belakangan sudah lama tidak ada gaungnya. Tiba-tiba kembali muncul ke kompetisi sepakbola nasional.

Kali ini, PSA muncul dengan tim PSA U-16 untuk mengikuti Kejuaraan Nusantara Open 2022 memperebutkan Piala Prabowo Subianto ang dilaksanakan di Stadion Pakansari kabupaten Bogor dan Lapangan Nusantara Polo Club pada 16-31 Juli 2022.

Informasi keikutsertaan PSA U-16 di turnamen tersebut, diposting salah satu pembina sepakbola dan juga berprofesi wasit sepakbola di Ambon, Simon Hattu pada akun Facebook nya.

Kabar tersebut kemudian ditelusuri bahwa yang bertindak sebagai Tim Manajer PSA U-16 adalah Johan Lewerissa, yang kini adalah anggota DPRD Maluku.

Lewerissa ketika dihubungi media ini via telepon, membenarkan dirinya sebagai tim manajer PSA U-16.

“Iya benar. Saya dan tim sudah berada di Jakarta. Setelah tiba, saya sudah mengantar mereka ke tempat penginapan di kompleks Hambalang,” ungkapnya, Kamis (14/7/2022).

Ia mengatakan, jumlah pemain yang dibawa sebanyak 25 orang dan 5 orang pelatih/oficial termasuk manager dan asisten manager. Selain dirinya, ada Morry Putiray, Jondry Pirsouw, John Pattikawa, Lukas Latuperisa dan Seny Putiray.

Informasi yang didapat, para pemain PSA U-16 berasal dari beberapa klub seperti PS Pusparagam, PS Hatukau, PPLP Maluku dan Siwalima FC.

Sesuai pembagian grup, PSA U-16 berada dalam Grup B yang berisikan dua tim elit Liga 1 Indonesia yaitu PSM Makassar, PSS Sleman dan Asifa FA.

Menurut Lewerissa, pertandingan pertama PSA U-16 langsung bertemu tim kuat PSM Makassar pada hari Minggu 17 Juli 2022 pukul 15.30 WIB di Lapangan Nusantara Polo Club (NPC). “Kita main pertama lawan PSM,” katanya.

Jadwal pertandingan PSA U-16 berikutlnya yaitu lawan PSS Sleman pada hari Selasa, 19 Juli 2022, jam 13.30 WIB di NPC dan partai terakhir lawan Asifa FA pada hari Kamis 21 Juli 2022, jam 15.30 WIB di Stadion Pekansari Bogor.

“Kami harapkan dukungan doa dari pencinta sepakbola Ambon dimana saja untuk mensuport perjuangan para pemain muda ini. Semoga dengan turnamen ini jadi momentum PSA bangkit kembali,” ujarnya.

DIIKUTI 16 TIM

Sementara itu, data yang dihimpun media ini, turnamen itu diikuti 16 klub yaitu Persis Solo, PSLS Lhokseumawe, PSIS Semarang, Tiga Naga FC, Persib Bandung, Garuda Nusantara, Persipura, ASIOP, PSM Makasar, PSA Ambon, PSS Sleman, ASIFA, Borneo FC Samarinda, Maluku Utara SLC, Persija Jakarta dan Bintang Timur.

16 tim tersebut selain memperebutkan Piala Prabowo Subianto, juga diberikan uang pembinaan. Nantinya juga akan dipilih 35 pemain terbaik yang berkesempatan mendapat bimbingan dari pelatih top kelas dunia di bawah pengawasan Akademi Nusantara Bersatu.

“Dari arahan beliau (Prabowo) akhirnya kami dengan bapak ketua dewan pengarah berinisiatif untuk menyelenggarakan suatu turnamen yang mengundang Best of the Best dari akademi di Indonesia,” kata ketua panitia pelaksana, Aji Jaya Bintara dalam rilisnya.

Sedangkan untuk regulasi pertandingan, panitia telah melakukan pembicaraan dan kerja sama dengan PSSI. Jadi, semua laga Nusantara Open 2022 sesuai dengan ketentuan yang ada di federasi.

Secara terpisah, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali mengapresiasi dan mendukung dibentuknya Akademi Nusantara yang akan mencari bibit atletnya melalui Turnamen U-16 bertajuk Nusantara Open Piala Prabowo Subianto 2022.

Menpora merasa salut karena akademi sepakbola inisiasi Prabowo Subianto ini akan membina talenta atlet usia muda mengedepankan sport science sesuai dengan Inpres No.3 tahun 2019 serta Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

“Saya dengar ini saja senang, artinya sebagian dari kerjaan pemerintah ini ada yang membantu, yakni Inpres No.3 tahun 2019 tentang Percepatan Persepakbolaan Nasional,” kata Menpora Amali saat menerima audiensi Ketua Panitia Pengarah Nusantara Open Piala Prabowo 2022, Fary Francis di Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Selasa (12/7). (NP)

No More Posts Available.

No more pages to load.