Tiga Siswi SMA di Ambon Lulus Tes Lanjut Studi di Amerika Serikat

oleh -308 views
Inilah tiga siswi SMA di Kota Ambon yang meraih beasiswa belajar ke Amerika Serikat. -fb maydee minerva-

suaramaluku.com – Sebanyak tiga orang siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri dan swasta di Kota Ambon Provinsi Maluku, berhasil lulus tes guna mendapatkan bea siswa lanjut studi atau belajar ke Amerika Serikat (United State of America/USA).

Mereka adalah Maydee Penina Minerva Linansera asal SMA Negeri 5 Ambon, Cassarah Bertha Matakena (SMA Negeri 1 Ambon) dan Kezia Arabelle Tulalesy (SMA Lentera Ambon).

Kepada media ini, Kamis (14/7/2022, ayah dari Maydee Penina Minerva Linansera yakni Jossy Linansera mengatakan, anaknya dan dua rekannya terpilih bersama 70 pelajar lainnya di Indonesia untuk belajar ke Amerika Serikat, karena mampu bersaing dan menyingkirkan ribuan siswa SMA seluruh provinsi yang ikut tes bea siswa belajan tersebut.

“Mereka dinyatakan berhak atas beasiswa belajar ke Amerika Serikat setelah melalui seleksi ketat oleh Yayasan Bina Antar Budaya yang bekerjasama dengan Kennedy Lugar Youth Exchange And Study (YES),” ujar Jossy, yang berprofesi sebagai wartawan.

Dijelaskan, saat seleksi tahap awal oleh Yayasan Bina Antarbudaya Chapter Ambon, ketiganya berhasil menjadi yang terbaik dan lolos untuk mengikuti seleksi tingkat nasional yang diikuti ribuan pelajar SMA seluruh Indonesia.

Hasilnya, ketiga pelajar SMA di Kota Ambon itu berhasil lolos meraih beasiswa belajar ke Amerika Serikat bersama 70 siswa SMA lain dari berbagai provinsi.

Rencananya tiga siswi asal Ambon akan bertolak ke Jakarta bulan Agustus 2022 nanti guna bergabung dengan 70 siswa SMA lainnya dari seluruh Indonesia dan kemudian berangkat ke Negeri Paman Sam untuk belajar di sana.

Sementara itu, Maydee, Cassarah dan Kezia, mengaku sangat bersyukur dan berterima kasih dapat meraih beasiswa belajar ke Amerika Serikat.

“Bersyukur atas apa yang kami capai ini, terima kasih Tuhan untuk semua yang kami raih. Ini juga menunjukan bahwa pelajar SMA di Maluku mampu bersaing dengan siswa di seluruh Indonesia, ” tutur ketiganya, senada.

Tga pelajar SMA yang baru saja naik ke kelas 3 ini berbulat tekad berbuat terbaik untuk mengharumkan nama Ambon Maluku selama mengikuti pendidikan di sana.

“Selain belajar, kami juga akan selalu perkenalkan budaya Maluku kepada teman teman sekolah di Amerika. Kami akan berusaha mempromosikan budaya dan keindahan Maluku, ” ujar Maydee yang diamini Kezia dan Cassarah.

Mereka menambahkan, pihak sekolah sangat mendukung dan berperan atas prestasi yang dicapai tersebut.

Tak lupa, ketiga siswi ini sampaikan rasa terima kasih kepada orang tua nya, para guru dan teman-teman sekolah, pihak Yayasan Bina Antar Budaya, tutor, dan semua pihak yang selalu berikan dukungan dan motivasi, sehingga mereka sukses meraih beasiswa belajar ke negara super power itu.

Sementara itu, kepada media ini Kamis (14/7/2022), Ketua Harian Bina Antarbudaya Chapter Ambon Zairin Salampessy, menyebutkan Kennedy-Lugar Youth Exchange and Study (YES) Program adalah program beasiswa penuh yang diberikan oleh U.S. Department of State kepada siswa SMA atau sederajat, yang bertujuan menjembatani pemahaman dan saling pengertian antara masyarakat negara-negara dengan populasi muslim yang signifikan dengan masyarakat Amerika Serikat.

Sedangkan Bina Antarbudaya, lanjut dia, adalah organisasi pendidikan antarbudaya berbasis relawan, yang memberikan kesempatan untuk mendapatkan pendidikan antarbudaya secara global.

Zairin menuturkan, Bina Antarbudaya juga bekerjasama dengan AFS Intercultural Programs, sebuah organisasi pertukaran antarbudaya terbesar di dunia yang beroperasi pada lebih dari 60 negara di lima benua.

Menurut dia Sejak tahun 1985, Bina Antarbudaya yang saat ini berada pada 20 kota (cahpter) di tanah air,  telah mengirimkan lebih dari 3000 siswa Indonesia dan menerima lebih dari 1500 siswa asing dari berbagai negara.(SM-05)
 

No More Posts Available.

No more pages to load.