Meski Unggul 1-0 Duluan, PSA Ambon U16 Takluk 1-2 dari PSM Makassar

oleh -1.928 views
Tim PSA Ambon U16 (kanan) dan PSM U16 (kiri) saat acara pembukaan Kejuaraan Sepakbola Nusantara Open 2022 di Lapangan Nusantara Polo Club, Sabtu (16/7/2022). -officialpsa-

suaramaluku.com – Tim PSA Ambon usia di bawah 16 tahun (U-16) belum beruntung. Tampil di pertandingan pertama Grup B lawan PSM Makassar, meski mampu imbang 1-1 di babak pertama akhirnya takluk 1-2 pada laga awal Kejuaraan Nusantara Open 2022 Piala Prabowo Subianto di Lapangan Nusantara Polo Club (NPC), kabupaten Bogor, Minggu (17/7/2022).

Pertandingan pertama PSA U-16 vs PSM Makassar U16 pukul 15.30 WIB itu berlangsung seru. Pemain muda PSA tidak gentar dengan nama besar PSM U16 yang merupakan juara kompetisi Elite Pro Academy (EPA) Liga 1 2021.

Bahkan PSA unggul terlebih dulu pada menit ke-10 melalui tendangan penalti sang kapten tim, Dicky Latuperissa. Penalti didapat PSA karena pemain depan nya dilanggar pemain belakang PSM.

Gol penyama skor 1-1 dari PSM juga dihasilkan dari penalti. Akibat pelanggaran pemain belakang PSA di kotak terlarang di akhir babak pertama.

Kedudukan 1-1 bertahan hingga menit akhir babak kedua. Sayangnya, satu pelanggaran di luar kotak enam belas oleh pemain belakang PSA, membuat wasit beri tendangan bebas untuk PSM. Tak disangka tendangan bebas itu tidak dapat dibendung kiper PSA, gol. Skor akhir 2-1 untuk PSM.

Meski kalah tipis. Namun skuat PSA U16 asuhan pelatih Morry Putiray, Yondri Pirsouw dkk patut diberi apresiasi atas permainan yang pantang menyerah.

“Saya bangga perjuangan dan motivasi pemain PSA U16. Lawan PSM yang tim elit, kita tidak kalah skill dan teknik. Malah mampu imbangi dan unggul 1′-0 duluan. Kalah karena kecolongan gol di menit akhir,” ungkap manajer tim PSA U16, Johan Lewerissa kepada media ini via telepon.

Ia salut dengan semangat permainan para pemain. Namun diakuinya, pasukan Pattimura Muda ini kalah pengalaman dan jam terbang dibanding PSM U16 yang sudah matang dan merupakan juara Indonesia itu.

“Persiapan kita hanya dua minggu. Juga tidak ada kompetisi rutin. Ini yang bikin kita kalah pengalaman. PSM U16 itu tim akademik yang rutin latihan dan pengalaman nasional. Tapi kita tidak kalah dalam teknik permainan,” tutur Lewerissa.

Ia menambahkan, kesempatan PSA U16 lolos fase grup masih terbuka. Karena masih memiliki dua pertandingan di Grup B yakni melawan tim kuat lainnya PSS Sleman pada hari Selasa, 19 Juli 2022, jam 13.30 WIB di Lapangan NPC.

Sedangkan partai terakhir PSA lawan tim ASIFA FC pada hari Kamis 21 Juli 2022, jam 15.30 WIB di Stadion Pekansari Bogor.

“Kami akan berjuang maksimal di dua partai terakhir. Semoga para pemain tetap punya fighting spirit untuk lolos fase grup. Sekaligus bangkitkan nama PSA Ambon yang pernah disegani dulu,” ujar Lewerissa.

Turnamen itu diikuti 16 klub yaitu Bogor Yunior, PSLS Lhokseumawe, PSIS Semarang, Tiga Naga FC, Persib Bandung, Garuda Nusantara, Persipura, ASIOP, PSM Makasar, PSA Ambon, PSS Sleman, ASIFA, Borneo FC Samarinda, Maluku Utara SLC, Persija Jakarta dan Bintang Timur. (NP)

No More Posts Available.

No more pages to load.