Penjabat Walikota Ambon Apresiasi Rakernas APEKSI XV di Padang

oleh -1,316 views
oleh

suaramaluku.com – Penjabat Walikota Ambon, Drs Bodewin M. Wattimena MSi mengapresiasi kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XV tahun 2022 Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) yang telah dibuka di Kota Padang, Sumatera Barat, Senin (8/8/2022).

Menurutnya, APEKSI memiliki peran strategis dalam melaksanakan berbagai upaya percepatan pembangunan.

“Pelaksanaan desentralisasi pembangunan dan otonomi daerah memerlukan konsolidasi dan sinergi yang kuat. Pada konteks itu, berbagai upaya kerjasama, sinergi dan koordinasi harus terus dilakukan,” ungkapnya.

Dikatakan, pandemi COVID-19 yang terjadi lebih dari dua tahun terakhir, mengharuskan seluruh pemerintah kota dapat bangkit dengan berbagai cara, inovasi, serta sinergitas secara terus menerus dengan berbagai pihak.

“Karena itu, Rakernas APEKSI kali ini menjadi momentum yang sangat baik dalam penguatan koordinasi dan sinergi demi kebangkitan ekonomi bagi seluruh anggotanya,” tutur Wattimena.

Ikut dampingi Pj Walikota pada Rakernas APEKSI di Padang yakni Pj. Ketua TP-PKK Kota Ambon Ny. Lisa Wattimena, Staf Ahli Walikota Bidang Pembangunan P. Saimima, Staf Ahli Bidang Pemerintahan, M. Tupamahu, Asisten I Sekkot E. Silooy.

Kepala Inspektorat J. Silanno, Kepala BPKAD, A.B Gaspersz, Kadis Diskominfo-Persandian J. R Adriaansz, Kadis Perindag S.Slarmanat, Kepala Bappeda-Litbang, E. Matitaputty, Kadis DPPKB, J.W Patty, Kadis LHP, A. Hehamahua, Kadispora R. Luhukay, serta Kadis DP3AMD, M. Lekatompessy

Sementara itu, Rakernas APEKSI tersebut dipusatkan di Ballroom Padang Convention Centre, Hotel Truntum Padang. Dibuka oleh Menteri Perdagangan (Mendag) RI, Zulkifli Hasan.

Mendag menyampaikan beberapa pesan kepada 95 Walikota yang hadir, dimana dirinya sangat berharap APEKSI dapat membuat Indonesia Go Internasional.

Walikota menurutnya, tentu punya peran yang sangat menentukan. “Saya berharap betul kepada APEKSI, agar kita bisa go internasional,” terangnya.

Ia juga menyampaikan, Walikota memiliki peran dalam menjaga stabilitas ketersediaan bahan pangan. “Mereka juga harus menjaga kestabilan harga bahan pangan, kemudian saatnya stabilitas politik kita jaga,” jelasnya.

Ada sejumlah agenda digelar dalam rangkaian Rakernas APEKSI 2022, yang diawali Welcome Dinner pada hari Minggu malam (7/7/2022).

Walikota juga dijadwalkan untuk meninjau lokasi penyelenggaraan Indonesia City Expo (ICE) 2022 di RTH Imam Bonjol, serta City Tour di sekitar Sungai Lareh. (SM-12)

No More Posts Available.

No more pages to load.