DLHP Kota Ambon Kembali Angkut 144 Ton Sampah di Kawasan Arbes

oleh -95 views

suaramaluku.com – Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan (DLHP) Kota Ambon, kembali mengangkut dan bersihkan tumpukan sampah di kawasan Air Besar (Arbes), kecamatan Sirimau.

Sekretaris DLHP Kota Ambon, Hairun Tunny menjelaskan pembersihan terhadap tumpukkan sampah di kawasan Arbes merupakan perintah dari Penjabat (Pj) Walikota.

“Sesuai perintah dari pak Penjabat Walikota, maka sejak Rabu kemarin dan hari ini kita kembali melakukan pembersihan terhadap tumpukan sampah yang ada di kawasan Air Besar ini,” ujar Hairun di lokasi pembersihan, Kamis (11/8/2022).

Pembersihan tumpukan sampah ini merupakan yang ketiga kalinya dilakukan dalam kurun waktu lima bulan.

Tercatat pembersihan pertama kawasan tersebut dipimpin oleh Sekretaris Kota (Sekkot) Agus Ririmasse pada April 2022. Selanjutnya pembersihan kedua bulan Juni lalu dipimpin Pj. Walikota, Bodewin M. Wattimena bersama Pengurus Besar AMGPM.

Untuk ketiga kalinya, DLHP Kota Ambon kembali membersihkan dan mengangkut ratusan ton sampah di lokasi yang sama. Gunungan sampah itu diangkut selama dua hari mulai Rabu (10/8/2022).

Menurut dia, pihaknya akan mengupayakan agar tumpukan sampah yang ada di Air Besar ini bisa diangkut dan dibersihkan hingga tuntas.

“Kita akan memaksimalkan kekuatan yang kita miliki untuk membersihkan tumpukan sampah yang ada ini,” tegasnya.

Dikatakan, pihaknya mengarahkan seluruh petugas dan armada untuk membersihkan tumpukan sampah di kawasan tersebut.

“Rabu kemarin, kita libatkan 15 unit dam truk dan 4 unit amrol pengangkut, dengan jumlah sampah yang berhasil diangkut sekitar 144 ton. Terdiri dari 1 unit dam truk angkut sampah 8 ton dan dikalikan dengan 15 unit, ditambah 1 unit amrol berisikan 6 ton, dikalikan dengan 4 amrol,” jelasnya.

Sedangkan untuk hari ini lanjut dia, pihaknya mengarahkan 15 mobil dam truk dan 4 amrol, untuk membersihkan seluruh tumpukkan sampah tersebut.

“Yang pasti kita upayakan untuk tumpukan sampah ini harus bersih. Volume sampah sisa ini lebih banyak dari kemarin, ” terangnya.

Selain DLHP, Pengangkutan sampah di Arbes ini juga melibatkan Dinas PUPR dan Sat Pol PP Kota Ambon.

Dengan kondisi sampah yang terus menumpuk, diharapkan kesadaran warga kota Ambon terhadap kebersihan lingkungan harus terus ditingkatkan.

Tanpa ada kesadaran itu, maka program prioritas Pj.Walikota untuk “Ambon Bersih” sulit terwujud. (SM-12)

No More Posts Available.

No more pages to load.