Latuconsina Pimpin Pengibaran Bendera Merah Putih di Laut Kulur Pulau Saparua

oleh -170 views

suaramaluku.com – Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) IX Ambon, Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina, MM MT bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) dalam pelaksanaan upacara HUT ke-77 RI di dasar laut Pulau Saparua, Maluku Tengah, Rabu (17/8/2022).

Sedangkan sebagai Komandan Upacara (Danup) Komandan Yonmarhanlan IX Ambon Mayor Marinir Rowin Zummy Simarmata, M. Tr. Opsla.

Pulau Saparua merupakan tanah kelahiran dari pahlawan nasional Thomas Matulessy atau yang dikenal sebagai Kapitan Pattimura, salah satu pahlawan nasional Indonesia asal Maluku.

Selain itu, Saparua mempunyai Benteng Duurstede yang dibangun pertama kali oleh Portugis pada tahun 1676, terpilih menjadi tempat pelaksanaan upacara pengibaran Bendera Merah Putih di dasar laut oleh Lantamal IX Ambon, bertempat di Pantai Putih Lessi Kulur.

Menurut Latuconsina, Kepala Staf TNI AL (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono perintahkan seluruh jajarannya agar meriahkan HUT ke-77 RI dan menguatkan semangat nasionalisme, secara serentak dengan gelar upacara dan mengibarkan bendera Merah Putih di bawah laut.

“Kegiatan ini sebagai wujud cinta tanah air sebagai upaya mengangkat kembali kejayaan maritim Indonesia.” ujar Latuconsina.

Kegiatan pengibaran Bendera Merah Putih bawah laut di 77 lokasi Nusantara dilaksanakan secara bersama pada 17 Agustus 2022, sedangkan untuk Lantamal IX Ambon mengibarkan di Pantai Putih Lessi Kulur Saparua dan pantai Batu Kuda Tulehu Maluku Tengah Pulau Ambon.

Setelah pengibaran bendera Merah Putih juga dilanjutkan dengan transplantasi terumbu karang.

Pengibaran di Batu Kuda Tulehu dipimpin oleh Dansatrol Lantamal IX Letkol Laut (P) Eko Setyono, S.E.

Kegiatan di Saparua melibatkan 30 penyelam baik dari Lantamal IX, Ketua Korcab IX DJA III Ny Said Latuconsina bersama ibu-ibu Jalasenastri, Bakamla, Polairud, para jurnalist, dan kelompok selam yang ada di Maluku. Bertindak selaku pengibar bendera dari Srikandi Lantamal IX dan jurnalis Maluku.

Selain objek Wisata Benteng Duurstede, Saparua juga memiliki potensi wisata lainnya seperti Taman Wisata Pantai Batu Pintu terletak di Desa Haria, Objek wisata Goa Tujuh Putri, dan Pantai Putih Lessi Kulur Saparua serta lainnya. (SM-05)

No More Posts Available.

No more pages to load.