Film Pendek “Kewang Kecil” Angkat Kearifan Lokal di Negeri Haruku

oleh -660 views

suaramaluku.com – Kehidupan “kewang” atau penjaga alam/hutan di Negeri Haruku, Pulau Haruku, Maluku Tengah diangkat dalam sebuah film pendek berdurasi 12 menit.

Film tersebut digarap oleh PH Mollucas Entertaiment dibawah bendera PT Tara Sinergi Multi Media yang merupakan program kerjsama dengan Kemendikbud dan juga Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Maluku.

Komisaris Utama PT Tara Sinergi Multimedia Jakarta, Yacob M Izaac kepada media ini Senin (5/9/2022) mengatakan, film pendek “Kewang Kecil” itu mengangkat tradisi budaya kearifan lokal Maluku khususnya di Negeri Haruku.

Para pemain utama dari film pendek ini adalah tokoh adat masyarakat setempat yaitu Eliza Marten Kissya sebagai Opa Eli yang merupakan Kepala Kewang.

Kemudian pemain lokal Gibran Latuconsina sebagai Tere yang perankan tokoh Kewang kecil dan Abdul Kadir Soulisa sebagai peran Sefnat.

“Dua remaja Gibran dan Abdul Kadir ini dipilih dari hasil casting lokal untuk pemeran film pendek ini,” kata Yacob.

Menurutnya, program Kemendikbud dan kerjasama dengan BPNB Maluku ini, untuk kuota cerita rakyat Provinsi Maluku ada empat film. Selain “Kewang Kecil” tiga lainnya yaitu Lemon Nipis, Tampa Garam dan Marthafons.

Ia mengungkapkan, di film pendek lainnya ada aktor orang Maluku, yang pernah main dalam film Cahaya dari Timur yakni Muhamad Haikal Renwarin dan Aufa Dien Assagaff.

“Kami berterima kasih kepada BPNB Maluku yang telah membatu dalam proses cerita kearifan nilai budaya lokal ini,” tutup Yacob. (SM-05)

No More Posts Available.

No more pages to load.