Penjabat Walikota Ambon Luncurkan Sistem Informasi Tiga Inovasi Daerah

oleh -61 views

Penjabat Walikota Ambon Luncurkan Sistem Informasi Tiga Inovasi Daera

Sistem Informasi dari tiga inovasi daerah diluncurkan secara simbolis oleh Penjabat (Pj) Walikota Ambon, Bodewin M. Wattimena pada moment Upacara HUT ke-447 Kota Ambon di Lapangan Merdeka, Rabu (7/9/2022).

Sistem Informasi yang diluncurkan yakni, aplikasi Kalesang Kintal Kosong, Jiku Bata (Sudut Balai Kota) dan Absensi Elektronik Baktiku.

Kalesang Kintal Kosong, jelas Wattimena, merupakan inovasi pemanfaatan lahan kosong untuk dijadikan lahan produktif dengan menanam buah, sayur-sayuran, atau budidaya ikan.

Dengan adanya sistem informasi yang mendukung inovasi ini, masyarakat kota Ambon yang memiliki lahan kosong dapat melaporkan kepada Pemkot untuk dibantu mendapatkan benih tanaman.

“Melalui Gerakan kalesang kintal kosong, masyarakat yang memiliki lahan kosong di samping atau belakang rumah, akan dibantu dengan pemberian bibit, hasilnya bisa untuk konsumsi atau dijual dipasar,” urainya.

Selanjutnya, Jiku Bata atau Sudut Balai Kota, adalah upaya Pemkot untuk membantu UMKM menjual produknya di “jiku” atau sudut Balaikota, sehingga UMKM bisa produktif.

Yang terakhir, Aplikasi Baktiku merupakan aplikasi absensi elektronik berbasis pengenalan wajah (face recognition) dan GPS untuk monitoring jam masuk dan keluar kantor ASN Pemkot Ambon.

Untuk mendukung Sistem Informasi Kalesang Kintal Kosong, Perwakilan BI turut hadir memberikan bantuan 3000 bibit tanaman cabai kepada Pemkot Ambon.

Selain Launching sistem informasi ketiga inovasi daerah, Pemkot juga membuat program orang tua asuh untuk membantu anak stunting.

“Gerakan orang tua asuh ini agar bapak ibu yang memiliki kelebihan bisa membantu anak-anak stunting dari keluarga-keluarga yang tidak mampu,” pungkasnya. (*/SM-05)

No More Posts Available.

No more pages to load.