Pataka, Kain Gandong, Cakalele dan Ukulele Warnai Upacara HUT Kota Ambon ke-447

oleh -96 views

suaramaluku.com – Momen HUT Kota Ambon ke-447 pada 7 September 2022, diperingati Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon dalam upacara di Lapangan Merdeka, Rabu (7/9/2022).

Penjabat (Pj) Walikota, Bodewin M. Wattimena bertindak selaku Inspektur (Upune) Upacara, dan selaku pemimpin (Kapitan) upacara Plt Kabag Pemerintahan Sekretariat Kota, Alfian Lewenussa.

Rangkaian upacara dimulai dengan penyerahan pataka dari Sekretaris Kota (Sekkot) Ambon, Agus Ririmasse di Balaikota untuk diarak menuju lokasi upacara menggunakan kain kandong dan diiringi tarian cakalele.

Turut hadir Wakil Gubenur Maluku, Barnabas Orno, Plt Sekretaris Daerah (Sekda) Maluku, Sadali Ie, Bupati dan Walikota dari Kabupaten/Kota di Provinsi Maluku,  Ketua TP-PKK Provinsi Maluku, Widya Pratiwi Murad, Forkopimda Kota Ambon, Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Ambon dan instansi vertikal, perwakilan perbankan, kepala sekolah, kepala puskesmas, tokoh agama dan masyarakat, pimpinan media, jurnalis, serta lainnya.

Pada kesempatan itu, Wattimena menyampaikan, perjalanan 447 tahun kota ini merupakan perjalanan sejarah yang panjang dan membuat kota ini kuat dan terus maju.

“Ada tantangan berat yang dihadapi kota Ambon yaitu krisis kesehatan, dengan pandemi COVID-19 yang belum berakhir, dampak perang Rusia-Ukraina yang berdampak naiknya harga barang. Tapi kita tetap  bersyukur karena Tuhan masih menjaga dan memelihara kota ini,” ujarnya.

Terkait hal itu, dirinya mengajak seluruh warga kota untuk tetap berdoa bagi kota Ambon.

“Mari berdoa, angkat hati dan bersyukur kepada Tuhan, karena kasih dan anugerahnya kota ini menjadi kota yang maju, rumah yang aman bagi kita semua,” tambahnya.

Wattimena menjelaskan, tema HUT Kota Ambon tahun ini yakni “Give To Ambon” atau Berikan Untuk Ambon, yang memberi motivasi bagi pemerintah dan masyarakat agar dapat memberikan yang terbaik bagi kota ini.

“Melalui tema ini mari berikan yg terbaik bagi kota tercinta, jangan mengaku orang Ambon, kalau belum bisa menghadirkan rasa aman dan nyaman di kota ini,” pungkasnya.

Upacara HUT Ke 447 Kota Ambon berlangsung khidmat, turut diisi paduan suara dan paduan musik ukulele yang membawakan lagu-lagu daerah Kota Ambon. (*/SM-05)

No More Posts Available.

No more pages to load.