Besok, Gubmal Lantik Marasabessy Jadi Pj Bupati Maluku Tengah

oleh -146 views

suaramaluku.id – Besok, Senin 12 September 2022 dijadwalkan Gubernur.Maluku, Murad Ismail akan melantik Dr Muhammad Marasabessy M.Tech sebagai Penjabat (Pj) Bupati Maluku Tengah (Malteng).

Informasi yang diterima acara pelantikan tersebut akan dilaksanakan pada Senin sore bertempat di Aula Lantai 7 Kantor Gubernur Maluku

Kepastian pelantikan itu juga dipertegas oleh Gubernur Murad Ismail yang disampaikan kepada para wartawan.

“Wartawan, Senin saya lantik Penjabat Bupati,” tegas Murad di Kantor Gubernur, Sabtu (10/09/2022).

Untuk diketahui masa jabatan Bupati Maluku Tengah (Malteng) Tuasikal Abua dan Wakil Bupati Marlatu Leleury periode 2017-2022 pada Kamis 8 September 2022 telah berakhir, maka Menteri Dalam Negeri M. Tivo Karnavian menetapkan Penjabat (Pj) Bupati Malteng sampai tahun 2024.

Sebelumnya teka teki siapakah figur Pj Bupati Malteng yang telah ditetapkan dalam Surat Keputusan (SK) Mendagri tersebut masih belum jelas.

Pasalnya, dari pihak Biro Pemerintahan Provinsi Maluku beralasan belum menerima SK Mendagri tersebut. Tetapi informasinya Kepala Biro Pemerintahan, Drs D.N. Kaya telah terima SK Mendagri di Jakarta dan sudah kembali ke Ambon.

“Info A1 nya pak Marasabessy itu. Sebab hasil sidang Tim Penilai Akhir (TPA) ya (menetapkan) beliau,” ungkap sumber dipercaya media ini di Kemendagri, Kamis (8/9/2022).

Info Mendagri tetapkan Muhammat Marasabessy atau akrab disapa Mat, yang kini menjabat Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Maluku sebagai Pj Bupati Malteng dijawab sendiri oleh Murad Ismail meski SK Mendagri belum keluar waktu itu.

Sedikit berdiplomasi Murad sampaikan dalam sambutan pada acara khitanan massal di negeri Hitu, kecamatan Leihitu, kabupaten Malteng, Kamis (8/9/2022).

“Kebetulan saya datang dengan Penjabat Bupati Malteng,” ujar Murad.

Meski tidak menyebutkan nama, undangan yang hadir menyebut nama Muhamat Marasabessy sebagai Pj Bupati Malteng dan memberikan ucapan selamat.

Murad datang terlambat menghadiri acara khitanan massal di Hitu. Ia mengaku karena dihubungi Mendagri dan Sekjen Kemendagri tentang Pj Bupati Malteng.

”Kami datang di acara ini terlambat karena Pak Mendagri dan Sekjen telpon saya. Pj Bupati Malteng datang menyampaikan Pak Sekjen telepon saya,” ungkap eks Dankor Brimob Polri dan Kapolda Maluku itu.

Sambil menunggu SK Pj Bupati Malteng dari Kemendagri, Gubernur Maluku telah menunjuk Sekda Malteng, Rakib Sahubawa.sebagai Pelaksana Harian (Plh) Bupati setempat.

Mat Marasabessy sebelum menjabat Kadis PUPR Maluku, dia bertugas sebagai Kepala Balai Sungai Wilayah Maluku dan kemudian dimutasi ke Kementerian PUPR di Jakarta.

Dia menyelesaikan pendidikan menengah di SMP Negeri 6 dan SMA Negeri 2 Ambon. Sedangkan S1 nya di Unpatti Ambon, S2 di India Institute of Technology Roorke, India dan S3 nya diperoleh dari Teknik Sipil Unhas Makassar. (SM-05)

No More Posts Available.

No more pages to load.