Marasabessy Resmi Jadi Penjabat Bupati Maluku Tengah

oleh -122 views
Gubernur Maluku Murad Ismail saat hendak memasang tanda pangkat dan jabatan Penjabat Bupati Malteng. -tangkapan layar-

suaramaluku.com – Gubernur Maluku, Murad Ismail atas nama Menteri Dalam Negeri M. Tito Karnavian melantik dan mengambil sumpah Dr Muhammat Marasabessy SP ST M.Tech sebagai Penjabat Bupati Maluku Tengah (Malteng).

Pelantikan dan pengambilan sumpah tersebut dilakukan di Aula Lantai 7 Kantor Gubernur Maluku, Senin (12/9/2022).

Mengawali acara tersebut, Kepala Biro Pemerintahan Provinsi Maluku, Drs Dominggus N. Kaya membacakan SK Mendagri yang bernomor 131.81-5271 tahun 2022 tertanggal 8 September 2022.

Didalam SK tersebut, diantaranya dinyatakan bahwa masa jabatan Penjabat Bupati selama-lamanya 1 tahun sejak tanggal ditetapkan.

Selain itu, Penjabat Bupati diwajibkan membuat laporan per 3 bulan kepada Mendagri melalui Gubernur sebagai wakil pemerintah pusat di daerah.

Serta memfasilitasi persiapan pelaksanaan Pemilu dan Pilkada serentak secara nasional pada tahun 2024 dan menjaga netralitas aparatur sipil negara.

Sementara itu, Gubernur Maluku Murad Ismail sebelum mengambil sumpah menanyakan Muhammat Marasabesdy.

‘Apakah saudara bersedia diambil sumpah? “Bersedia,” kata Marasabessy. Diambil sumpah menurut agama apa? “Islam,” jawabnya.

“Selanjutnya, saya memperingatkan, bahwa sumpah mengandung tanggung jawab terhadap bangsa dan Negara Republik Indonesia, tanggungjawab memelihara dan menyelamatkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 serta tanggungjawab terhadap kesejahtraan masyarakat. Sumpah ini disaksikan saudara sendiri, para undangan dan dihadapan Tuhan Yang Maha Esa,” ungkap Murad.

Dalam kesempatan itu, Murad juga menyampaikan terima kasih atas pengabdian Abua Tuasikal dan Marlatu Leleury sebagai Bupati dan Wakil Bupati Maluku Tengah dua periode.

Turut hadir ikut acara tersebut Pangdam Pattimura, Kapolda Maluku, Komandan Lantamal IX Ambon dan unsur Forkopimda Maluku lainnya juga dari Maluku Tengah.

Mat Marasabessy sebelum menjabat Kadis PUPR Maluku, dia bertugas sebagai Kepala Balai Sungai Wilayah Maluku dan kemudian dimutasi ke Kementerian PUPR di Jakarta.

Dia menyelesaikan pendidikan menengah di SMP Negeri 6 dan SMA Negeri 2 Ambon. Sedangkan S1 nya di Unpatti Ambon, S2 di India Institute of Technology Roorke, India dan S3 nya diperoleh dari Teknik Sipil Unhas Makassar. (SM-05)

No More Posts Available.

No more pages to load.