Dinas Kominfo Malteng Ingin Belajar dari Diskominfosandi Kota Ambon

oleh -383 views

Dinas Kominfo dan Persandian (Diskominfosandi) Kota Ambon yang dinilai berkinerja baik, menerima kunjungan Kepala Dinas (Kadis) Kominfo Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), Hengky Tomasoa, Senin (12/9/2022).

Dalam kunjungannya sebelum pelantikan Pj. Bupati Malteng oleh Gubernur Maluku, Kadis Kominfo Malteng yang didampingi Kepala Bidang (Kabid) IKP, Machfud Latukau, berkesempatan meninjau Command Center Diskominfosandi di lantai 4 Balai Kota.

Usai tinjauan di Command Center, Tomasoa mengatakan dirinya sempat terkejut dengan kemajuan kota Ambon jika dibandingkan dengan Kabupaten Malteng.

“Pertama yang pasti saya mau belajar dari kota Ambon, ya sedikit kaget karena Ambon begitu maju dibandingkan Kabupaten Malteng,” ungkapnya.

Dijelaskan, dirinya belum lama menjabat sebagai kepala Dinas Kominfo Kabupaten Malteng, oleh sebab itu perlu banyak masukan untuk memajukan OPD yang dipimpinnya.

“Hampir di semua bidang masih perlu ditingkatkan, karena saya masih baru dan perlu belajar,” tambahnya

Tomasoa akui hampir semua sumberdaya yang tersedia, masih jauh dari kondisi ideal dalam memajukan kinerja Kominfo, tetapi hal itu justru menjadi  motivasi dan semangat untuk membawa Dinas Kominfo Malteng lebih maju kedepan.

“Jadi pelan-pelan kami belajar untuk meningkatkan kinerja agar paling tidak bisa samai Diskominfosandi Kota Ambon, bahkan kalau bisa lebih maju lagi,” jelasnya.

Untuk itu, sebagai langkah prioritas dalam melakukan pembenahan, kata dia,  adalah dengan mengumpulkan semua sumberdaya manusia di bidang Komunikasi dan IT untuk ditarik masuk ke Dinas Kominfo Malteng.

“Paling sederhana, kita lihat sumberdaya manusia dulu, percuma punya mimpi bagus tapi sumberdaya tidak ada. Jadi kami lihat potensi yang ada, kami tarik masuk ke dinas Kominfo”

Di tempat yang sama, Kepala Diskomifosandi Kota Ambon, Joy Adriaansz, menjelaskan kunjungan Kadis Kominfo Kabupaten Malteng dan staf, adalah ingin mengetahui secara langsung bagaimana kinerja dari Diskominfosandi Kota Ambon.

“Mereka melihat secara langsung, amati, tiru, modifikasi dan tindaklanjut langkah-langkah yang sudah dilakukan Diskominfosandi Kota Ambon,” terangnya.

Ditandaskan Adriaansz, pihaknya selalu membuka diri untuk transfer of knowledge bagi siapa saja yang ingin belajar dari Kota Ambon.

Semua itu dilakukan, karena ia ingin semua Dinas Kominfo di kabupaten/kota harus di Maluku maju, baik di bidang IKP, E-Government, maupun bidang persandian dan statistik.

“Jadi kami welcome dari kabupaten/kota di Maluku, untuk datang dan belajar di Kota Ambon, karena kita berupaya membangun Maluku lebih baik ke depan,” tambahnya. (*/SM-12)

No More Posts Available.

No more pages to load.