Musisi Ambon Ajarkan Anak-Anak dan Remaja di Korea Main Tifa dan Ukulele

oleh -175 views
Musisi asal Ambon, Rio Efruan sedang mengajarkan alat musik tradisional Tifa dan Ukulele kepada anak-anak dan remaja di Kota Jinju, Korea Selatan.

suaramaluku.com – Musisi asal Ambon, Rio Efruan yang dikirimkan oleh Ambon Music Office (AMO) ke Korea Selatan (Korsel) berkesempatan mengajarkan alat musik tradisional Tifa dan Ukulele kepada anak-anak dan remaja di Kota Jinju.

“Jadi yang Rio ajarkan untuk anak-anak Korsel dan negara lainnya, adalah ukulele dan tifa,” kata Direktur AMO, Ronny Loppies, Rabu (12/10/22).

Dikatakan, kehadiran Efruan di Korsel merupakan hasil kerja sama antara AMO dan Jinju Artis Residence (JAR) Korsel.

“Nantinya dia akan tampil pada sebuah acara di Jinju yang namanya Binnale Day : Experiencing Jinju World Folk Arts Biennale,” ungkapnya.

Kehadiran Efruan untuk mengajar kedua instrument musik ini tentunya, dapat buka jalan bagi proses kerjasama selanjutnya antara AMO yang dalam hal ini wakili Ambon City of Music , dengan Jinju sebagai kota kreatif bidang Crafts and Folk Art.

Ronny jelaskan, kegiatan yang dilaksanakan selama satu bulan akan hadirkan salah satu group music etnik kota ini sebagai pengisi acara, dan juga dirinya, selaku pemateri di acara Etnik Resum Anual Meeting dengan materi yang dibawakan, yakni “Cross Networking Crafts and Flok Arts”.

“Saya hadir sebagai pembicara tanggal 18-22 Oktober 2022. Selain nantinya di Event Binnale Day, Rio dengan beberapa musisi akan tampilkan lantunan alat musik tradisonal. Sedangkan group etnik dari Ambon akan menampilkan kemampuan bermusik mereka di panggung berbeda, namun pada event yang sama,” terangnya.

Ia berharap dengan kehadiran musisi Ambon di Korsel, akan membawa kurikulum musik yang sementara ini diberlakukan di kota Ambon dapat menyentuh sampai ke tingkat nasional bahkan Internasional.

“Jika Tuhan berkenan, maka akan terjalin kerja sama lagi terkait kurikulum musik di Jinju, dan Rio sebagai pionirnya. Bukan tidak mungkin, kedepan guru-guru kita dari Ambon pergi dan mengajar musik tradisional di Jinju,” tambah Ronny. (*/SM-12)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.