Glenn Fredly Dianugerahi Lifetime Achievement AMI Award, Ziva Dua Gelar, Cantika Ulangi Sukses

oleh -388 views
Glenn Fredly Latuihamalo. -kompas-

suaramaluku.com – Suasana penghormatan kepada legenda musik terjadi di ajang penghargaan Anugerah Musik Indonesia (AMI) ke-25, Kamis (13/10/2022) malam.

Hal itu terlihat saat Ketua Umum Yayasan AMI Candra Darusman menyebut nama Glenn Fredly sebagai penerima Lifetime Achievement AMI Award ke-25, sontak seluruh musisi yang hadir melakukan standing applause.

“Dengan bangga Anugerah Musik Indonesia yang ke-25 memberikan penghargaan lifetime achievement kepada almarhum Glenn Fredly,” kata Chandra Darusman.

Para musisi dan undangan yang standing applause itu seakan memberi restu penghargaan yang mengukuhkan keabadian Glenn Fredly sebagai salah satu legenda musik Indonesia.

Nyong Ambon kelahiran Jakarta ini memang fenomenal. Suara merdunya selalu membuat setiap orang terpesona.

Kisah-kisah yang romantik hingga kesedihan yang tak berujung menjadi perantara hati untuk berbicara.

“Meskipun raga sudah tak bersama namun ini bukan akhir cerita cinta,” kata Ayu Dewi, salah satu presenter TV.

Selama 42 tahun masa hidupnya, Glenn telah meninggalkan banyak legacy. Tidaknya hanya kepada para musisi tetapi juga pada ekosistem musik Indonesia.

Bahkan terpilihnya Kota Ambon sebagai Kota Musik Dunia versi Unesco tak lepas dari peran serta Nyong Ambon faam Latuihamallo ini.

“Karyanya masih melekat sampai saat ini. Suaranya yang begitu khas membuat kita selalu mengingatnya. Menjadi suara perubahan membuatnya makin terkenang. Meski dirinya sudah tiada, tapi karya dan sosoknya akan selalu ada,” kata Chandra Darusman mengenang sosok Glenn Fredly.

Mengawali penyematan penghargaan Lifetime Achievement Award, artis Yura Yunita sempat melantukan salah satu single kolaborasinya dengan Glenn Fredly yang bertajuk Cinta dan Rahasia.

Menyusul kemudian group vocal Nona (Nowela, Nikita dan Novia) yang melantunkan lagu ciptaan Glenn Fredly bertajuk  Apa Adanya.

Lantas salah satu Diva Indonesia Rossa menutup sajian musik dengan menyanyikan lagu Sekali Ini Saja, salah satu karya Glenn.

Semasa hidup, suami Mutia Ayu ini diketahui telah menghasilkan banyak single, 10 album pop, 1 album rohani dan 1 album kompilasi.

Berbagai penghargaan demi penghargaan sudah diraih sebelum ajal menjemput pada 8 April  2020 lalu.

ZIVA ‘MUSKITTA’ DAN CANTIKA ‘PATTIKAWA”

Sementara itu, dua artis penyanyi berdarah Ambon Maluku Ziva Magnolya ‘Muskitta’ dan Cantika Abigail ‘Pattikawa’ juga berhasil meraih penghargaan Anugerah Music Indonesia (AMI) Award Tahun 2022.

Bahkan yang mengesankan Ziva, berhasil meraih 2 penghargaan untuk 2 kategori yaitu Karya Produksi Kolaborasi Terbaik bersama Rizky Febian untuk lagu Terlukis Indah dan kategori Karya Produksi Re-Aransemen Terbaik dengan lagu Peri Cintaku.

Sedangkan Cantika Abigail Pattikawa meraih penghargaan pada kategori Artis Solo Pria/Wanita Soul/R&B Terbaik lewat lagu Ace of Hearts.

Satu lagi Legenda musik asal Ambon Maluku almarhum Glenn Fredly pada acara yang sama dianugerahi penghargaan Lifetime Achievement.

Bagi Ziva dua penghargaan yang dia raih itu merupakan kali pertama setelah dua tahun berkecimpung sebagai penyanyi profesional.

Gadis muda berdarah campuran Ambon dan Dayak ini adalah jebolan Indonesia Idol seangkatan Lyodra Ginting.

Sementara bagi Cantika Abigail, penghargaan AMI Award tahun ini mengulang kesuksesannya pada tahun 2021 yang meraih penghargaan pada kategori sama.

Bahkan saat masih berkolaborasi bersama Gamaliel dan Audrey Tapiheru dengan group vokal GAC, cucu sutradara kondang almarhum Chris Pattikawa ini sudah merasakan betapa sakralnya penghargaan AMI Awards.

Ajang AMI Awards menjadi dambaan banvak penyanyi di Indonesia, sebab dinilai paling bergengsi.

Banyak artis berdarah Ambon Maluku yang sudah meraih penghargaan AMI Award, termasuk almarhum Bing Leiwakabessy.

Tahun ini, selain Ziva dan Cantika, sejumlah artis berdarah Ambon juga masuk dalam daftar Nominator Peraih AMI Awards 2022. Mereka adalah Barry Likumahuwa, Gamaliel Tapiheru, Audrey Tapiheru, Marcelo Tahitoe, dan Faye Risakotta.

Selain ketujuh artis tersebut, ada lagi Grup Hip Hop asal Kota Ambon yakni Kapitan Movement yang menjadi Nominator. (nevada/petra josua/novi)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.