Galala Juarai Lomba Desa Pelaksana 10 Program PKK Kota Ambon, Hukurila Kedua, Tawiri Ketiga

oleh -396 views

suaramaluku.com – Desa Galala, Kecamatan Sirimau, berhasil menjuarai perlombaan Desa Pelaksana Terbaik 10 Program Pokok PKK Tingkat Kota Ambon Tahun 2022.

Pengumuman Pemeang dan pemberian hadiah dilakukan Selasa (18/10/22) di Balaikota oleh Penjabat (Pj) Walikota Ambon, Bodewin M. Wattimena dan Pj. Ketua TP-PKK Lisa Wattimena.

Selain Desa Galala ada juga empat desa lainnya yakni Negeri Hukurila yang menduduki posisi kedua, Negeri Tawiri juara ketiga, harapan satu oleh Negeri Nusaniwe dan harapan dua diraih Desa Lata.

Wattimena mengungkapkan, Kota Ambon telah memiliki pemenang yang nantinya akan mewakili kota ini ke tingkat provinsi. Sehingga ia meminta TP-PKK dan jajaran OPD di lingkup Pemerintah Kota  (Pemkot) dapat bersinergi guna mendampingi, berikan arahan, serta memperbaiki berbagai kekurangan yang ada.

“Supaya membuktikan bahwa Desa Galala sebagai juara satu layak untuk mewakili Kota Ambon ke tingkat Provinsi maluku,” katanya

Sebab itu, guna persiapkan Desa Galala mengikuti perlombaan tingkat Provinsi Maluku maka TP-PKK bersama OPD dapat bersinergi mewujudkan semua variabel sehingga memenuhi syarat dan ketentuan penilaian oleh tim.

“Yang perlu dibenahi, ada empat Pokja di PKK. Jadi soal administrasi, pelaksanaan peningkatan kapasitas pendamping Kekerasan dalam Rumah Tangga (KDRT), Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K), Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta Inspeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA), juga dokumentasi yang diperlukan misalnya tanaman atau tumbuhan yang produktif didalam pot, kemudian peternakan, dan pengemasan UMKM,” jelasnya.

Hal ini, lanjutnya, tentu saja akan berlaku pada 30 Desa/Negeri yang berada di Kota Ambon, dengan tujuan agar 10 program PKK yakni Penghayatan dan Pengamalan Pancasila, Gotong Royong, Pangan, Sandang, Perumahan dan Tata Laksana Rumah Tangga, Pendidikan dan Keterampilan, Kesehatan, Pengembangan Kehidupan Berkoperasi, Kelestarian Lingkungan Hidup, dan Perencanaan Sehat, dapat terlaksana dengan baik.

“Ini tak hanya dilakukan oleh Desa Galala saja, tapi sekaligus membenahi seluruh Desa/Negeri di Kota Ambon,” tandasnya.

Sementara itu, Pj. Ketua TP-PKK Lisa Wattimena mengungkapkan, ia berharap kegiatan ini dapat mendukung perubahan dan meningkatkan kemajuan yang berdampak positif dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan ketahanan keluarga.

“Saya berharap pelaksanaan 10 program pokok PKK ini tak hanya dilaksanakan saat lomba, tetapi harus dilaksanakan terus-menerus serta tetap menjaga sinergitas dengan Pemkot, agar semua yang dilaksankan oleh TP-PKK dapat wujudkan kesejahteraan masyarakat dan tingkatkan ketahanan keluarga pada Desa/Negeri/Kelurahan, Kecamatan,” harapnya.

Terkait dengan itu, Pj. Walikota berjanji akan mengikuti proses penilaian oleh tim penilai Provinsi Maluku, agar Desa Galala mendapatkan nilai bonus lantaran kehadirannya.

Pelaksanan penilaian perlombaan Desa Pelaksana Terbaik 10 Program Pokok PKK Tingkat Provinsi Maluku dilaksanakan pada 22 Oktober mendatang.  (*/SM-12)

 

 

No More Posts Available.

No more pages to load.