POPMAL IV Resmi Dibuka, Diikuti 1.991 Atlet dan Ofisial dari 11 Kontingen

oleh -207 views
Pembukaan POPMAL IV 2022 ditandai dengan pemukulan tifa oleh Gubernur Maluku, Ketua KONI Pusat dan pejabat lainnya. -ist-

suaramaluku.com – Pekan Olahraga Provinsi Maluku (POPMAL) IV tahun 2022 secara resmi dibuka oleh Gubernur Maluku, Murad Ismail bertempat di Lapangan Merdeka Ambon, Kamis (17/11/2022).

Pembukaan ajang tersebut turut dihadiri oleh Ketua Umum KONI Pusat, Letjen TNI Purn Marciano Norman beserta para pimpinan Forkopimda Maluku serta para kepala daerah di Daerah ini.

Multi event itu diikuti oleh 1.991 atlet dan ofisial dari 11 kontingen kabupaten kota yang ada di Maluku, dengan dipertandingkan 17 cabang olahraga (cabor) yang berlangsung pada 17 – 27 November 2022.

Pada kegiatan olahraga akbar ini, bertindak sebagai Ketua Panitia POPMAL IV adalah Mustafa Kamal dan Sekretaris nya Roy Mongi.

Gubernur Maluku Murad Ismail saat pembukaan menyampaikan lima poin penting yang harus dijaga dan dijalankan oleh para atlet, pelatih, wasit, juri dan perangkat pertandingan lainnya.

Intinya bahwa para wasit dan juri atau hakim harus betsikap jujur, adil, netral dan objektif dalam pertandingan. Kepada para atlet juga dimintakan untuk bertanding menjunjung sportifitas dan profesional serta untuk para pendukung agar saat memberikan dukungan supaya menjaga kebersamaan dan hindari perselisihan supaya ketertiban dan keamanan terjaga.

“Tidak boleh ada ego sektoral, ego marga, family maupun sebagainya. Kalaupun ada, agar segera dilaporkan langsung kepada saya, agar diberikan sanksi tegas,” ujarnya.

Gubernur Maluku juga harapkan para bupati dan walikota untuk terus melakukan pembinaan dan pengembangan olahraga di daerahnya masing-masing sebagai wujud keberlanjutan pengembangan olahraga di Maluku.

“Dan kepada penyelenggara, laksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab untuk mencapai sukses dalam pelaksanaan, sukses prestasi, dan sukses administrasi. Tidak ada korupsi di situ, penyelenggara hati-hati semua karena uang yang kita keluarkan itu ada pertanggungjawaban,” tandas Murad.

Sementara itu, Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman, mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya, kepada gubernur, bupati dan walikota serta panitia pelaksana yang memungkinkan POPMAL IV ini dapat berlangsung.

“Saya berharap POPMAL ini mencerminkan hasil pembinaan olahraga yang dilakukan oleh KONI Kabupaten Kota dan para ketua pengurus cabang olahraganya, sehingga kabupaten kota yang terbina dengan baik akan mendapatkan prestasi yang juga memadai,” jelas Marciano.

Untuk itu, Ketua KONI Pusat mengajak semuanya baik para peserta, wasit, hakim, serta juri untuk menjunjung tinggi sportifitas.

“Besar harapan saya, kita bersama akan menjadi saksi untuk atlet-atlet muda Maluku yang kelak selalu mengibarkan bendera merah putih mengumandangkan lagu Indonesia Raya pada setiap keikutsertaan mereka membela Tim Nasional Indonesia,” harap Marciano.

Pembukaan POPMAL IV tersebut, juga diwarnai dengan pembawa obor.api oleh mantan petinju nasional David Isikiwar. Yang kemudian dilanjutkan dengan penyalaan api obor induk oleh mantan pelari nasional Viera Hetharie dan atlet taekwondo Muhamad Yamin Rahayaan.

Sedangkan pembacaan janji atlet oleh pelari nasional Alvin Tehupeiory dan janji wasit oleh Suardi Carli.

Beberapa mantan atlet nasional Indonesia juga terlihat saat pembukaan yang kini sudah jadi pelatih dan pembina seperti eks petinju nasional Matheos Lewaherila, Mekson Barataman, Lodewyk Batlajery dan lainnya. (RT/NP)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.