KKT Target 2 Emas di Cabor Tinju, Kota Ambon Siap Juara Umum

oleh -251 views
Dua mantan petinju nasional, Mekson Barataman (tengah) dan Lodewyk Batlayery (kiri) kini jadi pelatih tim tinju kontingen KKT di POPMAL IV 2022. -dok-

suaramaluku.com – Cabang olahraga (cabor) tinju diprediksi akan jadi pertandingan paling seru di Pekan Olahraga Provinsi Maluku (POPMAL) IV tahun 2022. Pasalnya, tinju merupakan cabor andalan Maluku dan banyak penontonnya, lantaran kali ini tidak ada cabor sepakbola yang paling merakyat.

Sebagaimana diberitakan, secara resmi POPMAL IV dibuka oleh Gubernur Maluku, Murad Ismail bertempat di Lapangan Merdeka Ambon, Kamis (17/11/2022).

Pembukaan ajang tersebut turut dihadiri oleh Ketua Umum KONI Pusat, Letjen TNI Purn Marciano Norman beserta para pimpinan Forkopimda Maluku serta para kepala daerah di Daerah ini.

Multi event itu diikuti oleh 1.991 atlet dan ofisial dari 11 kontingen kabupaten kota yang ada di Maluku, dengan dipertandingkan 17 cabang olahraga (cabor) yang berlangsung pada 17 – 27 November 2022.

Khusus cabor tinju, persaingan diperkirakan akan terjadi antara dua kontingen penghasil petinju nasional yakni Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT) dan Kota Ambon.

“Kami ikut POPMAL IV, kali ini targetnya tidak muluk-muluk hanya dua emas. Karena kami cuma diperkuat sembilan petinju. Itu pun mayoritas wajah baru,” ungkap pelatih tinju KKT yang juga merupakan eks petinju nasional, Mekson Barataman kepada media ini, Jumat (18/11/2022).

Menurut Mekson, dua emas itu ditargetkan salah satunya dari Manase Luturmas yang adalah petinju senior juga pernah masuk Pelatnas SEA Games. Manase akan bertanding di kelas menengah ringan 71 kg.

“Kami masih andalkan Manase di kelasnya. Dia pernah juara STE dan masuk Pelatnas. Materi petinju kami lainnya masih baru. Tapi semoga mereka bisa buat kejutan,” ujar Mekson, yang pernah berlatih di Kuba dan juara PON 2000 untuk Maluku.

Lebih lanjut, menurutnya, lawan berat akan datang dari petinju kontingen Kota Ambon yang merupakan basis tinju di Maluku.

Skuad cabor tinju KKT yaitu Faisal Reza Mahasari, Eduard Imuly, Dominggus Tomhisa, Rizki Kuto, Tobias Rorafuy, Indarto Yudi Yanto, M. Akhil Barakati, Narvin Alexander Maryate dan Manase Luturmas.

Mereka didampingi pelatih dan ofisial Mekson Barataman, Joko Luri, Lodewyk Batlayery serta Novita J. Lololuan dan Y.A. Fordatkosu.

Sementara itu, tim tinju Kota Ambon diperkuat sebanyak 24 petinju di kelas putra putri. Dengan target meraih juara umum cabor tinju.

Para pelatih tinju Kota Ambon diantaranya mantan jawara Indonesia dan PON seperti Matheos Lewaherila, Agus Titaley, David Isikiwar, John Matinahoru dan lainmya

“Target kami juara umum cabor tinju kalau lawan berat.itu dari petinju asal KKT. Namun dengan kekuatan tim tinju Ambon yang masih diperkuat atlet juara PON dan Kejurnas juga STE, beta optimis kami jadi juara umum,” jelas Matheos ‘Teko” Lewaherila secara terpisah kepada media ini, Jumat malam.

Menurut Teko, petinju-petinju senior dan mantan atlet masional yang perkuat Kota Ambon diantaranya, Novi Sahuleka, Ralin dan Julius Lumoly serta Buce Tibalemeten.

“Kita lihat saja nanti. Semoga target kami tidak sia-sia yakni juara umum,” ujar Teko, mantan juara tinju bergengsi internasional, President Cup 1989 ini.

Sementara itu, pelatih tinju Kota Ambon lainnya asal sasana Bara Sakti, David Isikiwar mengatakan, anak asuhnya Hektor Hehanusa yang belum lama ini meraih medali perak di Kejurnas, juga ikut perkuat Kota Ambon.

“Hektor akan bertanding di kelas bulu. Tim tinju Kota Ambon kali ini diperkuat kombinasi petinju senior dan muda. Target kami memang juara umum cabor tinju,” ujar David, peraih dua emas di PON. (NP)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.