Kiper Belanda Pemain Tertinggi di PD 2022, Terpendek dari Maroko, Tertua dari Meksiko dan Termuda dari Jerman

oleh -184 views
Kiper atau penjaga gawang timnas Belanda, Andries Noppert (kanan) menjadi pemain tertinggi di PD 2022. -dokumen-

suaramaluku.com – Piala Dunia (PD) di Qatar telah berlangsung sejak 20 November 2022 pertandingan telah berjalan di Grup A, B, C dan D.

Terlepas dari hasil pertandingan. Dimana telah terjadi kejutan salah satu tim calon juara yakni Argentina dipermalukan oleh Arab Saudi 1-2. Ada hal yang menarik lainnya tentang para pemain di PD kali ini..

Apa itu yang menarik? Berdasarkan data dari sumber-sumber resmi dan referensi media nasional dan internasional, yaitu soal siapa pemain tertinggi, terpendek, tertua dan termuda?

Sesuai catatan, maka kiper atau penjaga gawang timnas Belanda, Andries Noppert menjadi pemain tertinggi di PD 2022. Dengan tinggi badan 203 cm (2 meter 3 senti), ia menjadi pemain paling tinggi yang tampil di Qatar.

Catatan tinggi Noppert unggul satu senti dari penjaga gawang timnas Serbia, Vanja Milinkovic-Savic yakni 202 cm. Tampil di PD menjadi kesempatan perdana Noopert. Ia pertama kali gabung tim berjuluk The flying Dutchman pada September 2022.

Meski terbilang baru tapi pelatih Louis van Gaal memberinya kepercayaan untuk masuk skuad Piala Dunia 2022. Noppert merupakan penjaga gawang yang membela klub Heerenveen. Di sana, dia juga menjadi pemain tertinggi.

Lalu siapa pemain terpendek yang akan tampil di ajang bergengsi empat tahunan ini? Pemain terpendek yang tampil di Qatar dipegang oleh pemain timnas Maroko, Ilias Chair dengan tinggi hanya 158 cm (1 meter 58 senti). Chair merupakan pemain Queens Park Rangers yang bermain di kasta kedua Liga Inggris, Championship.

Meski baru gabung timnas Maroko pada tahun 2021, tapi gelandang 25 tahun itu telah memiliki 10 caps bersama Singa Atlas.

Sedangkan untuk pemain termuda yang akan tampil di PD 2022 dipegang oleh penyerang timnas Jerman, Youssoufa Moukoko. Pemain Borussia Dortmund itu genap 18 tahun saat PD 2022 dimulai pada 20 November kemarin..

Moukoko merupakan pemain kelahiran Yaounde, Kamerun, 20 November 2004. Moukoko dipilih pelatih Jerman, Hansi Flick, menyusul cedera yang dialami Timo Werner.

Sebagai pemain dengan catatan usia termuda, Moukoko bahkan belum punya caps bersama timnas Jerman. Itu artinya penampilannya nanti akan jadi pengalaman pertamanya.

Di urutan pemain tertua PD 2022, pemenangnya masih dipegang penjaga gawang timnas Meksiko, Alfredo Talavera. Kiper klub Juarez itu akan berusia 40 tahun dan 63 hari saat PD 2022 berlangsung.

Talavera memiliki banyak pengalaman memperkuat timnas Meksiko dengan mengoleksi 40 caps sejak 2011. Namun Talavera lebih sering menjadi pelapis kiper hebat Meksiko seperti Jesus Corona dan Guillermo Ochoa.

Sementara itu, pemain-pemain top atau terkenal dunia yang masuk kategori tertua di Qatar adalah diantaranya Pepe (Portugal/39 tahun), Eiji Kawasima (Jepang/39), Dani Alves (Brazil/39), Remko Pasveer (Belanda/39), Thiago Silva (Brazil/38).

Disusul mega bintang Christiano Ronaldo (Portugal/37), Luka Modric (Kroasia/37), Ochoa (Meksiko/37), Manuel Neuer (Jerman/36), Lionel Messi (Argentina/35), Luis Suarez dan Edison Cavani (Uruguay/35), Sergio Bosquets (Spanyol/34), Karim Benzema (Prancis/34), Lewandowski (Polandia/34), Axel Witzel (Belgia/33), Thomas Muller (Jerman/33), Jordi Alba (Spanyol/33), Jordan Henderson (Inggris/32) dan Daley Blind (Belanda/32).

PEMAIN TOP YANG ABSEN

Sementara itu, pemain-pemain top atau terkenal yang tidak hadir di Qatar karena cedera, tidak terpilih, timnasnya tidak lolos dan menolak kembali ke timnas ternyata cukup banyak.

Diantaranya Matts Hummels, Marco Reus, Toni Kroos dan Timo Werner (Jerman), Sergie Ramos, David De Gea, Thiago Alcantara dan Gerald Pique (Spanyol), Paul Pogba, Kimpembe dan Ngolo Kante (Prancis), Paolo Dybala (Argentina), Firminho dan Coutinho (Brazil).

Sadio Mane (Senegal), Moh Salah (Mesir), Leonardo Bonucci, Donarumma dkk dari timnas Italia, Erling Haaland (Norwegia), David Alaba (Austria), Luis Diaz (Kolombia) dan lainnya. (NP)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.