Baru Enam Kali Ikut Piala Dunia, Prestasi Kroasia Luar Biasa !

oleh -239 views

suaramaluku.com – Kroasia merupakan sebuah negara kecil di dataran Eropa. Penduduknya hanya berjumlah sekitar 4 juta orang, yang baru merdeka dari Federasi Yugoslavia tahun 1991.

Meskipun hanya negara kecil dan baru ikut Piala Dunia (PD) FIFA sebanyak enam kali. Tetapi prestasi Kroasia luar biasa ! Itu terbukti mereka dari enam kali ikut PD, mampu satu kali jadi runner up atau juara dua. Serta dua kali menjadi juara tiga.

Partisipasi Kroasia di PD dimulai tahun 1998 di Prancis, 2002 di Jepang Korea, 2006 di Jerman, 2014 di Brazil, 2018 di Rusia dan 2022 di Qatar. Mereka hanya gagal lolos tahun 2010 di Afrika Selatan.

Di penampilan pertama kali pada FIFA World Cup 1998 di Prancis, timnas Kroasia mengejutkan dunia persepakbolaan saat itu. Mereka yang dianggap tim “anak baru” sukses menjadi juara tiga setelah kalahlan Belanda 2-1.

Bukan itu saja. Namun striker nya Davor Suker mampu bungkam penyerang top dunia seperti Ronaldo Nazario (Brazil), Batistuta (Argentina), Juergen Klinsmann (Jerman) dan lainnya, dengan mencetak 6 gol sehingga jadi top skor atau pencetak gol terbanyak turnamen bergengsi itu.

Tim berjuluk si kotak-kotak itu, kembali buktikan kualitasnya pada PD 2018 di Rusia. Ketika itu Kroasia sukses lolos ke partai final. Sayangnya, mereka kalah 2-4 dari Prancis. Tetapi, sang kapten nya yakni Luka Modric terpilih sebagai pemain terbaik.

Nah, kiprah Kroasia terus berlanjut. Kini pada PD 2022 di Qatar, masih dimotori oleh jenderal lapangannya Luka Modric, mereka sukses kembali meraih juara tiga setelah gagalkan impian tim kejutan Maroko dengan skor 2-1.

Maroko yang menjadi kekuatan sepakbola baru dari Afrika, akhirnya harus menguburkan impian mereka menjadi tim Asia Afrika pertama yang meraih juara tiga. Tapi masuk empat besar PD 2022 ini, Maroko pun sudah buat sejarah sebagai wakil benua Afrika pertama masuk semifinal ajang akbar itu. (novi pinontoan)

No More Posts Available.

No more pages to load.