Prediksi Peraih Golden Glove dan Apa Kata Mereka Tentang Final PD 2022

oleh -407 views
Empat kiper yang dinilai punya performa paling menonjol di PD 2022, dari kiri Dominik Livakovic (Kroasia), Emiliano Martinez (Argentina), Hugo Lloris (Prancis) dan Yassine Bounou 'Bono' (Maroko). - dokumen -

suaramaluku.com – Arena FIFA World Cup atau Piala Dunia (PD) Sepakbola 2022 tersisa satu pertandingan. Yaitu antara timnas Argentina vs Prancis yang akan berlangsung di Lusail Stadium, Lusail pada Minggu (18/12) pukul 22.00 WIB (00.00 WIT).

Pertemuan kedua tim ini akan diwarnai dengan pertaruhan reputasi, prestise baik secara tim maupun individu pemain. Tak lupa juga adu gengsi kekuatan sepakbola Eropa dan Amerika Latin.

Banyak kalangan dan netizen di medsos menjagokan Lionel Messi dkk akan tampil sebagai juara. Namun ada pula yang favoritkan Kylian Mbappe dkk akan pertahankan juara. Tentunya dengan alasan masing-masing.

Yang pasti kedua tim sudah siap. Kubu Argentina bahkan sudah memesan jersey Adidas nya untuk edisi kostum juara. Selain itu, jersey nomor 10 Lionel Messi dilaporkan sudah habis terjual di seluruh dunia.

Sebaliknya, pelatih Prancis Didier Deschamp menyatakan timnya siap tempur, sehingga tidak memanggil striker top Karim Benzema yang sudah sembuh dari cedera untuk berlaga di final.

Nah, faktor kesiapan tim secara teknis dan non teknis serta mentalitas akan menjadi penentu siapa pemenangnya. Tentunya faktor kejelian menyusun strategi dua pelatih yakni Lionel Scaloni dan Didier Deschamp akan jadi pembeda.

Ada dua motivasi utama lainnya. Prancis akan berusaha pertahankan gelar juara dan menyamai rekor Italia dan Brazil sebagai juara beruntun. Sedangkan Lionel Messi juga ingin akhiri karier dengan gelar bergengsi yang belum pernah ia peroleh.

GOLDEN GLOVE

Terlepas siapa yang juara dan siapa nantinya yang akan jadi pemain terbaik. Kini prediksi siapa kiper atau penjaga gawang yang merebut gelar golden glove atau sarung tangan emas juga menarik disimak.

Dipastikan hanya ada empat kiper yang berpeluang meraihnya. Yaitu Dominik Livakovic (Kroasia), Yassine Bounou ‘Bono’ (Maroko), Emiliano Martinez (Argentina) dan Hugo Lloris (Prancis).

Keempat kiper itu dinilai punya performa paling menonjol di PD 2022. Mereka bahkan mengungguli kiper papan atas lain seperti Alisson Becker (Brasil) dan Manuel Neuer (Jerman).

Mengacu statistik Whoscored, Dominik Livakovic memperoleh nilai 7.09 dalam 6 penampilan di PD 2022. Angka tersebut lebih besar dari 3 kandidat kiper terbaik lain, seperti: Bono (6.83), Emiliano Martinez (6.59), dan Hugo Lloris (6.69).

Sayangnya, khusus pada laga semifinal kontra juara bertahan Prancis, Bono tidak dalam performa terbaiknya. Ia gagal melakukan save, bahkan harus kebobolan 2 gol dari 2 kali shot on goal yang dilakukan para pemain Les Bleus.

Sedangkan, Livakovic tampil cukup gemilang di final penentuan juara tiga saat Kroasia sukses kalahkan Maroko 2-1. Nilai plusnya pasti naik untuk pamornya.

Dari catatan tersebut, diprediksi Livakovic punya peluang terbuka meraih gelar golden glove alias sarung tangan emas.

Namun bila partai final nanti, Hugo Lloris maupun Emiliano Martinez tampil gemilang dengan skill dan aksi save gawang Prancis serta Argentina. Maka peluang Livakovic bisa saja terancam oleh keduanya.

APA KATA MEREKA?

Imran Nahumarury (Eks Pemain Timnas/Pelatih)

Final PD 2022 jadi partai final kedua untuk Argentina dalam dua tahun terakhir, Sebelumnya, mereka sudah tampil di final Copa America 2021 mengalahkan Brasil dan menjadi juara. Kini mereka kembali menginjakan kakinya di partai final.

Tidak hanya Copa America 2021 trofi yang diraih Argentina dalam dua tahun terakhir, ada juga trofi Finalissima saat mengalahkan Italia beberapa waktu lalu.

Messi dalam top perfomance 3 assist dan 5 gol menjadi bukti, Tidak hanya Messi, yang juga tampil cemerlang adalah Lautaro Martinez, Tak hanya sekali, duet Lautaro Martinez dan Lionel Messi dalam skema 4-4-2 ala Lionel Scaloni juga mampu membawa Argentina tumbangkan Italia dan merengkuh gelar Finalissima.
.
Jadi, intinya saya prediksi Argentina berpeluang besar meraih juara PD kali ini dengan asumsi miliki mental juara, Messi dan Lautaro lagi gacor dan faktor pelatih/tactical flexibility.

No More Posts Available.

No more pages to load.