Tiga Kali Juara Dunia Argentina Dimotori 3 M, Siapa Enzo Fernandez dan Martinez?

oleh -157 views
Lionel Messi, Diego Maradona dan Mario Kempes. -dok-

suaramaluku.com – Timnas Argentina akhirnya menjuarai FIFA World Cup 2022 di Qatar. Dengan demikian sudah tiga kali La Albicelete meraih juara di ajang sepakbola terbesar di planet bumi ini.

Hal itu terjadi setelah dalam partai final Piala Dunia (PD) 2022 antara Argentina vs Prancis yang berlangsung di Lusail Stadium, Lusail pada Senin dinihari (19/12/2022), Lionel Messi dkk berhasil kalahkan Prancis melalui adu penalti 4-2, karena hingga perpanjangan waktu skor tetap bertahan 3-3.

Nah, entah hanya kebetulan atau sudah tradisi, dari tiga edisi sukses jadi kampiun yakni 1978, 1986 dan 2022 tersebut, terdapat tiga pemain bernama huruf atau marga M yang jadi motor dan penentu keberhasilan Argentina.

Di edisi final 1978, striker Mario Kempes tampil sebagai pahlawan Argentina. Dia mencetak dua gol. Satu di babak pertama, satunya lagi di tambahan waktu. Argentina menang 3-1 atas Belanda. Mario Kempes juga jadi top skor dengan 6 gol.

Pada partai final PD 1986, kembali Argentina dimotori figur berinisial M yaitu Diego Armando Maradona. Sang super start itu dkk menaklukan Jerman 3-2. Maradona juga jadi top skor terbanyak kedua dengan 5 gol.

Kembali ke PD 2022. Lagi-lagi pemain berinisial M membawa Argentina merghapus penantian 36 tahun. Ya dia adalah sang mega bintang, Lionel Messi.

Prestasi Argentina kali ini luar biasa. Bukan saja merebut piala emas itu. Namun penghargaan individu juga nyaris diborong semua. Messi misalnya top skor kedua terbanyak dengan 7 gol, dia juga terpilih sebagai Pemain Terbaik sehingga peroleh Golden Ball (Bola Emas).

Selain itu, skuad Argentina juga mendapatkan penghargaan Pemain Muda Terbaik atas nama Enzo Fernandez serta predikat Kiper Terbaik (Golden Glove) yang diraih Emiliano Martinez.

Satu-satunya gelar yang terlepas dari kubu Argentina adalah predikat top skor (Golden Booth), yang direbut oleh Kylian Mbappe (Prancis) dengan 8 gol.

PEMAIN MUDA TERBAIK

Sementara itu, Enzo Fernandez resmi meraih FIFA Young Player Award PD 2022 lambang supremasi untuk pemain muda terbaik sepanjang turnamen.

Siapa Enzo Fernandez? Namanya belum dikenal luas. Meski selama turnamen berlangsung dia menjadi starter pilihan pelatih Lionel Scaloni untuk mengisi lini tengah atau gelandang.

Enzo Fernandez, gelandang berusia 21 tahun tersebut adalah pemain gelandang klub Benfica, yang merupakan tim papan atas Liga Portugal.

Pemilik nama lengkap Enzo Jeremies Fernandez itu, baru melakoni debut internasionalnya September 2022, tetapi berhasil merangsek masuk starting line-up Lionel Scaloni di Qatar usai cetak gol spektakuler sebagai pemain pengganti ke gawang Meksiko di babak grup.

Dia jadi pemain muda terbaik karena memimpin statistik dalam kategori sentuhan (118), umpan sukses (77), dan tekel (10) di final PD 2022. Sepuluh tekelnya juga yang terbanyak dibandingkan pemain mana pun di final Piala Dunia sejak Gennaro Gattuso pada 2006 (15).

KIPER TERBAIK

Sementara itu, Kiper Argentina Emiliano Martinez akhirnya meraih Golden Gloves (sarung tangan emas) PD 2022 di Qatar.

Martinez menunjukkan diri sebagai salah satu kiper terbaik di dunia saat ini. Padahal, kariernya bersama timnas tergolong masih baru. Bahkan jadi kiper utama di level klub baru tiga tahun lalu. Sedangkan bersama Argentina, ia jalani debut pada 2021.

Karier Emiliano Martinez tergolong unik. Sebab ia merupakan pemain yang telat bersinar. Ia menghabiskan sembilan tahun menjadi cadangan alias kiper pelapis di Arsenal, dipinjam-pinjamkan ke enam klub berbeda dalam periode itu.

Cederanya Bernd Leno pada 2020 membuka jalan bagi Martinez. Ia tampil baik sebagai pengganti dan membawa The Gunners juara Piala FA. Namun keraguan Arsenal memberi posisi utama memaksa Martinez ambil keputusan untuk pergi. Ia akhirnya benar-benar dibuang Arsenal!

Martinez memilih Aston Villa sebagai pelabuhan kariernya tepat. Di sana, ia mendapat kepercayaan penuh dan akhirnya benar-benar jadi kiper yang matang. Di sana kariernya menanjak hingga berbuah debut bersama timnas Argentina pada 2021.

Kini dia mengukir sejarah. Martinez membawa Argentina juara Copa America 2021, memenangi Finalissima 2022, lalu juara Piala Dunia 2022 di Qatar. Martinez bukan lagi kiper cadangan dan buangan. (novi pinontoan)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.