Pj Walikota Apresiasi Gerakan Pramuka Kwarcab Kota Ambon di Momen Perayaan Natal

oleh -47 views
Pj Walikota Ambon saat perayaan Natal Gerakan Pramuka Kwarcab Kota Ambon di SMP Negeri 5, Negeri Latuhalat, Kecamatan Nusaniwe, Jumat (30/12/2022).

suaramaluku.com – Penjabat (Pj) Walikota Ambon, Bodewin M. Wattimena memberi apresiasi kepada Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Ambon, yang telah banyak membantu dan memberikan solusi kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon.

“Pramuka ada untuk membantu banyak hal, bagi pemerintah di berbagai tingkatan hingga kabupaten/kota, Pramuka selalu menjadi andalan karena apabila hal-hal emergency dan penting, Pramuka selalu memberikan solusi,” kata Wattimena dalam perayaan Natal Gerakan Pramuka Kwarcab Kota Ambon di SMP Negeri 5 Ambon, Negeri Latuhalat, Kecamatan Nusaniwe, Jumat (30/12/2022).

Dijelaskan, banyak persoalan di kota ini terjadi akibat kurang cermatnya pemerintah memikirkan sesuatu yang akan terjadi di kemudian hari, misalnya soal sampah yang sampai kini masih jadi problem bagi kota ini.

“Kita hanya memikirkan persoalan hari ini dan selesaikan hari ini, ok beres, padahal kota ini terus berkembang dari waktu ke waktu,” jelasnya.

“Sebagai contoh; kita tidak mampu untuk selesaikan persoalan sampah. Ini mestinya sudah dipikirkan dari 10 atau 20 tahun yang lalu, bahwa pada tahun 2022 penduduk kira-kira bertambah sekian, sampah dihasilkan sekian ton, oleh sebab itu mobil yang harus disiapkan berapa banyak. Saat ini Sampah 250 ton, mobil sampah yang melayani hanya 23 unit, tentu tidak cukup,” bebernya.

Karena itu, Wattimena meminta Gerakan Pramuka Kwarcab Kota Ambon agar dapat persiapkan generasi muda yang handal, cakap, dan memiliki integritas kualitas, serta kemampuan untuk menghadapi tantangan di masa mendatang.

“Melalui bimbingan kakak-kakak pembina, pastikan adik-adik yang dibina dalam gerakan Pramuka siap untuk hadapi tantangan di masa akan datang,” pintanya.

Lebih lanjut, terkait perayaan Natal, dirinya berharap menjadi momentum untuk saling introspeksi mengenai tugas dan tanggungjawab masing-masing anggota gerakan Pramuka Kwarcab Kota Ambon.

“Perayaan Natal, simpel saja sebagai evaluasi apa yang sudah dilakukan dan apa yang belum dilakukan, lalu seharusnya seperti apa, tidak hanya sebatas seremonial dan ritual yang tidak bermakna bagi kita,” tandasnya.

Ia berharap kehadiran gerakan Pramuka tidak untuk memenuhi tuntutan formalitas saja, tetapi mesti jadi sebuah komitmen bersama untuk apa yang bisa dibuat bagi kota ini,

“Adik-adik anggota Pramuka diajak minimal bisa pilah sampah di rumah, buang sampah pada tempatnya sesuai waktu yang ditentukan dan lain-lain hal yang menjadi kebijakan Pemkot. Harapan kita, semua elemen masyarakat termasuk Pramuka dapat memberikan sesuatu bagi kota ini,” tambahnya. (SM-12)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.