Danrem Binaiya dan Babullah Diganti, Mantan Pangdam Pattimura Jadi Kasum TNI

oleh -142 views
Danrem 151/Binaiya Brigjen TNI Maulana Ridwan dimutasi menjadi Staf Khusus KSAD. -dokumen-

suaramaluku.com – Mutasi besar-besaran di tubuh TNI kembali terjadi. Kali ini, Panglima TNI yang baru Laksamana TNI Yudo Margono memutasi tujuh Komandan Komando Resor Militer (Danrem) di beberapa wilayah Kodam.

Dari tujuh Danrem tersebut, dua diantaranya dari wilayah Kodam XVI Pattimura yaitu Komandan Korem 151 Binaiya berkedudukan di Ambon dan Korem 152 Babullah di Ternate.

Mutasi tersebut sesuai dengan informasi yang sudah disiarkan berbagai media nasional, berdasarkan Keputusan Panglima Tentara Nasional Indonesia Nomor Kep/48/I/2023 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia yang ditetapkan Panglima TNI pada 16 Januari 2023.

Tidak tanggung-tanggung, sebanyak 223 pejabat TNI dari tiga matra, yaitu TNI AD, TNI AL, dan TNI AU dirotasi dari jabatannya semula untuk menempati jabatan baru di lingkungan TNI.

Dua Danrem di wilayah Kodam Pattimura yakni Danrem 151/Binaiya Brigjen TNI Maulana Ridwan dimutasi menjadi Staf Khusus KSAD.

Posisinya digantikan oleh Kolonel Inf. Aminton Manurung, yang sebelumnya menjabat sebagai Paban VI/Kermalat Non Asean Slatad. Dengan demikian, Manurung dipromosi pangkat bintang satu (Brigjen).

Kemudian Danrem 152/Babullah Brigjen TNI Novi Rubadi Sugito dimutasi menjadi Pa Sahli TK II KSAD Bid. Sosbud.

Posisinya digantikan oleh Kolonel Inf. Elkines Villando Dewangga yang sebelumnya menjadi Pamen Denmabesad. Dewangga juga dapat promosi bintang satu (Brigjen).

Lima Danrem lain yang dimutasi antara lain Danrem 161/WS Kupang Kodam IX Udayana Brigjen TNI Iman Budiman dimutasi menjadi Pati Mabes TNI AD dalam rangka pensiun. Posisinya digantikan Kolonel Inf. Febriel B. Sikumbang yang sebelumnya menjabat sebagai Pamen Denmabesad.

Danrem 102/Pjg (Palangkaraya) Kodam XII/Tpr Brigjen TNI Yudianto Putrajaya dimutasi menjadi Waaster KSAD Bid. Tahwil Komsoso dan Bakti TNI. Posisinya diisi oleh Kolonel Inf. Bayu Permana yang sebelumnya menjabat sebagai Danrem 011/Lw (Lhokseumawe) Kodam Iskandar Muda.

Danrem 032/WBR (Padang) Kodam I/BB Brigjen TNI Purmanto dimutasi menjadi Staf Khusus KSAD. Posisinya diisi oleh Kolonel Kav. Rayen Obersyl yang sebelumnya menduduki jabatan sebagai Pamen Denmabesad.

Danrem 181/PVT (Sorong) Kodam XVIII/Ksr Brigjen TNI Wawan Erawan dimutasi menjadi Staf Khusus KSAD. Posisinya selanjutnya diisi Kolonel Inf. Juniras Lumban Toruan yang sebelumnya menjabat sebagai Kadepops Seskoad

Danrem 174/ATW (Merauke) Kodam XVII/Cen Brigjen TNI Evi Reza Pahlevi dimutasi menjadi Staf Khususu KSAD. Posisinya digantikan oleh Kolonel Inf. Agus Widodo yang sebelumnya menduduki jabatan Pamen Denmabesad.

KEPALA STAF UMUM TNI

Sementara itu, dalam SK Panglima TNI Laksamana Yudo Margono tersebut, untuk posisi perwira tinggi di jabatan strategis yang dirotasi adalah posisi Kepala Staf Umum (Kasum) TNI dengan Komandan Komando Pembina Doktrin, Pendidikan, dan Latihan TNI (Dankodiklat TNI).

Untuk posisi Kasum TNI dijabat oleh Letjen TNI Bambang Ismawan yang sebelumnya menjabat Komandan Kodiklat TNI.

Ismawan diketahui juga pernah menjadi Pangdam XVI Pattimura pada tahun 2021. Ia menggantikan Letjen TNI Purn Jeffry Rahawarin yang saat itu masih berpangkat Mayjen.

Sedangkan posisi Dankodiklat TNI selanjutnya dijabat oleh Letjen TNI Eko Margiyono yang sebelumnya menjabat Kasum TNI.

Selanjutnya, posisi Komandan Komando Pendidikan dan Latihan Angkatan Darat (Dankodiklatad) Letjen TNI Ignatius Yogo Triyono menjadi Koordinator Staf Ahli (Koorsahli) Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) serta Koorsahli KSAD Letjen TNI Afini Boer dirotasi jadi Pati Mabes TNI AD dalam rangka pensiun.

Selain itu, jabatan Pangkoarmada III Laksda TNI Irvansyah dirotasi menjadi Pangkogabwilhan I.. sedangkan Pangkolinlamil Laksda TNI Agus Hariadi dirotasi menjadi Pangkoarmada III.

Danlantamal XIII Trk Koarmada II yang sebelumnya dijabat Laksma TNI Fauzi kini dijabat Laksma TNI Deni Herman.

Danguspurla III yang sebelumnya dijabat Laksma TNI Ashari Alamsyah kini dijabat Kolonel Laut (P) Mochammad Riza.

Danpusenif yang sebelumnya dijabat Letjen TNI Arif Rahman kini dijabat Mayjen TNI Anton Nugroho.

Danseskoad yang sebelumnya dijabat Mayjen TNI Anton Nugroho kini dijabat Brigjen TNI I Ketut Duara.

Dansatsiber TNI yang sebelumnya dijabat Brigjen TNI (Mar) Suaf Yanu Hardani kini dijabat Kolonel Laut (E) Tri Harsono.

Danpuspom TNI yang sebelumnya dijabat Mayjen TNI Andrey Satwika Yogaswara kini dijabat Laksda TNI Edwin.

Danpuspomal yang sebelumnya dijabat Laksda TNI Edwin kini dijabat Brigjen TNI (Mar) I Made Wahyu Santoso.

Danpusdikif Pusenif yang sebelumnya dijabat Brigjen TNI Aditya Nindra Pasha kini dijabat Brigjen TNI Indra Heri.

Danpuspenerbal yang sebelumnya dijabat Laksda Dwika Tjahja Setiawan kini dijabat Laksma TNI Imam Musani.

Danlantamal XIV Sorong Koarmada III yang sebelumnya dijabat Laksma TNI Imam Musani kini dijabat Laksma TNI Deny Prasetyo.

Danguspurla Koarmada II yang sebelumnya dijabat Laksma TNI Deny Prasetyo kini dijabat Kolonel Laut (P) Edi Haryanto.

Sedangkan mutasi pada TNI AU diantaranya yaitu Danlanud Adi yang sebelumnya dijabat Marsma TNI Azhar Aditama kini dijabat Marsma TNI Dedy Susanto.

Dankosek II Koopsud II yang sebelumnya dijabat Marsma TNI Dedy Susanto kini dijabat Kolonel Pnb Ferry Yunaldi.

Danlanud Sdm yang sebelumnya dijabat Marsma TNI Tarjoni kini dijabat Kolonel Pnb Sri Duto Dhanisworo.

Danlanud Abd yang sebelumnya dijabat Marsma TNI Zulfahmi kini dijabat Kolonel Pnb Fairlyanto.

Danlanud Sri yang sebelumnya dijabat Marsma TNI Mohammad Satriyo Utomo kini dijabat Kolonel Pnb Muhammad Mujib.

Serta posisi Dansekkau yang sebelumnya dijabat Marsma TNI Firman Wirayuda kini dijabat Marsma TNI Ali Gusman. (*/NP)

No More Posts Available.

No more pages to load.