Ada Kota Ambon di Prancis, Namanya Disebut Sebelum Kota Ambon di Maluku Lahir

oleh -1,346 views
oleh
Gerbang masuk menuju Kota Ambon di Prancis. (YouTube QJP OFFICIAL)

suaramaluku.com – Percaya atau tidak. Namun ini fakta. Bahwa nama Kota Ambon, ibukota Provinsi Maluku, bukanlah satu-satunya nama kota di dunia.

Pasalnya, nama Kota Ambon juga ada di benua Eropa. Tepatnya di negara Prancis. Bukan di Belanda yang lama menjajah Indonesia dan sempat pusat pemerintahan kolonial nya di Kota Ambon, Maluku.

Apakah Kota Ambon di Prancis dan di Maluku ada punya hubungan sejarah? Entahlah, apa kesamaan ini hanyalah kebetulan semata ataukah tidak, rasanya menarik untuk diteliti lebih jauh.

Dilansir victorynews.id dari YouTube QJP OFFICIAL pada Jumat (24/2/2023) diungkap Ambon merupakan salah satu kota bersejarah di Prancis.

Hal itu bisa dilihat dari situs peninggalan bersejarah yang masih terawat selama bertahun-tahun di antaranya seperti gereja dan beberapa rumah tua yang masih dipertahankan keasliannya.

Pada abad ke 16 pelabuhan Ambon tercatat sebagai pelabuhan paling ramai keempat di Bretagne. Secara etimologi nama Ambon di Prancis ini diambil dari bahasa Breton yang berarti mengarungi.

Menurut riwayat sejarahnya Ambon disebutkan untuk pertama kalinya pada tahun 832 dalam catatan Biara Redon. Penduduk Ambon ini disebut Ambonnais dan Ambonnaises.

Kemudian pada tahun 1970 Ambon didirikan sebagai kota dan masuk dalam administrasi departemen Morbihan di wilayah Bretagne Prancis. Secara geografis kota Ambon terletak di barat Prancis.

Di sekitar kota Ambon terdapat kota-kota kecil lainya seperti Damgan, Lauzach dan Surzur.

Sementara itu, Kota Ambon sebagai ibukota Provinsi Maluku lahir pada 7 September 1575. Cikal bakalnya dimulai dari berdirinya Benteng New Victoria yang diawali dari kedatangan para pedagang bangsa-bangsa Eropa mencari rempah-rempah, seperti Inggris, Portugis dan Belanda.

Sedangkan nama Kota Ambon di Maluku tidak ada data pasti soal asal mula sebutannya. Namun dari cerita rakyat, nama Ambon berasal dari kata “ombong” yang artinya embun. Sebab sejak dulu gunung-gunung di Pulau Ambon diliputi “ombong” atau embun yang tebal. Juga sempat disebut Kota “Laha” artinya kota pelabuhan. (*/NP)

No More Posts Available.

No more pages to load.