Kalahkan Garuda FC 5-3, Maluku FC Kembali Juarai Liga 3 Maluku

oleh -627 views
oleh
Tim Maluku FC usai laga partai final. -dok-

suaramaluku.com – Kesebelasan Maluku FC kembali menjadi juara kompetisi Liga 3 zona Maluku tahun 2023. Hal ini setelah mereka mengalahkan Garuda FC Bula SBT melalui adu tendangan penalti di partai final yang berlangsung di Lapangan Lantamal IX Ambon, Kamis (24/2/2023).

Dalam pertandingan yang dipimpin wasit Ami Jermias Tepal tersebut, kedua tim bermain imbang 1-1 sejak babak pertama. Maluku FC unggul duluan melalui Fanky Pasamba menit ke-22. Lantas dibalas Garuda FC di menit ke-39 oleh Amir Husin Latuconsina.

Skor 1-1 itu bertahan hingga babak kedua dan perpanjangan waktu. Penentuan pemenang ditentukan melalui adu penalti. Empat penendang Maluku FC sukses membobol gawang Garuda FC yang dikawal kiper Andhika Tuasalamoni.

Keempat pemain tersebut adalah Fandri Bola., Zulkifli Nasela, Yusran Rumadaul dan Iksan Lestaluhu. Satu penendang lainnya yakni Abu Patiiha tidak sempat eksekusi penalti karena timnya sudah unggul, akibat dua penendang Gatuda FC gagal hasilkan gol ke gawang kiper Indra Maruapey.

Skor adu penalti 4-2 (1-1) sehingga total 5-3 untuk kemenangan Maluku FC yang dilatih Thomas Lawery dan manajer Saidna Azhar Bin Tahir. Sedangkan Garuda FC yang dilatih oleh Lutfi Lestaluhu dan manajer Abdul Kelilauw harus puas di posisi runner up.

Dengan hasil tersebut, maka tim Maluku FC untuk kedua kalinya secara beruntun menjuarai kompetisi resmi Liga 3 PSSI. Karena pada tahun lalu 2022 mereka juga juara dan wakili Maluku di Liga 3 Nasional. Saat itu Maluku FC lolos hingga 16 Besar.

“Puji syukur. Kami juara untuk kedua kalinya. Terima kasih kepada para coach dan player Maluku FC atas kerja keras kalian. Juga kepada Asprov PSSI Maluku yang sudah selenggarakan Kompetisi Liga 3 dengan baik. Dan terkhusus kepada CEO Maluku FC, H. Irwan Maulana yang berkorban selama ini demi kemajuan sepakbola Maluku. Serta tentunya juga untuk para fans Maluku FC dan suporter yang sudah dukung kami,” ujar Manager Maluku FC, Saidna Azhar Bin Tahir.

Sementara itu, secara terpisah, Sekretaris Asprov PSSI Maluku, Marthinus Manuputty yang dihubungi media ini, Jumat (24/2/2023), mengatakan, selain kompetisi Liga 3 yang telah berakhir, Piala Soeratin jenjang kelompok umur U-13 dan U-15 juga telah selesai.

“Yang belum dilaksanakan final itu untuk kelompok umur U-17. Jadwalnya sedang disesuaikan dan akan pertemukan tim Fajar FC Morela vs Siwalima FC,” kata Manuputty.

Kedua tim sukses ke partai puncak setelah mengalahkan lawannya di babak semifinal. Fajar FC kalahkan PSA Ambon 2-1 serta Siwalima FC labrak Jong Ambon 4-0. (NP)

No More Posts Available.

No more pages to load.