Kemenag RI Pantau Hilal di 123 Titik, Termasuk di Monumen Martha Christina Tiahahu

oleh -756 views
oleh

suaramaluku.com – Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) akan menggelar sidang isbat 1 Syawal 1444 H pada Kamis, 20 April 2023, di Auditorium HM Rasjidi Kemenag, Jakarta. Juga memantau hilal pada 123 di seluruh Indonesia.

Dari 123 titik tersebut, lokasi pemantauan hilal atau bulan di Provinsi Maluku, telah ditetapkan di Kota Ambon bertempat di area monumen pahlawan nasional Martha Christina Tiahahu kawasan Karangpanjang, kecamatan Sirimau Kota Ambon.

Lokasi monumen nasional tersebut berada di ketinggian atau perbukitan, yang berhadapan langsung dengan Teluk Ambon dan ujung Tanjung Allang.

Sedangkan untuk Maluku Utara, ada dua lokasi pemantauan hilal yakni Pantai Ropu Tengah Balu, Kecamatan Sahu, Kabupaten Halmahera Barat dan Pantai Afe Taduma, Kecamatan Pulau Ternate, Kota Ternate.

Pemantaun hilal itu, dilakukan dari Provinsi Aceh sampai Papua. Sedangkan khusus untuk wilayah DKI Jakarta akan dipantau di empat lokasi yaitu Gedung Kanwil Agama DKI Jakarta, Masjid Hasim Asyari Jakarta Barat, Ponpes Hidayatullah Basmol Jakarta Barat, dan Pulau Pramuka Kepulauan Seribu.

“Sidang Isbat awal Syawal selalu dilaksanakan pada 29 Ramadan. Tahun ini, bertepatan dengan 20 April 2023,” ungkap Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam, Kementerian Agama, Kamaruddin Amin, seperti dkutip dari detikcom, Jumat (14/4/2023).

Ia menjelaskan, sidang isbat akan diawali denaagan Seminar Pemaparan Posisi Hilal yang disampaikan Tim Hisab Rukyat Kemenag.

Berdasarkan data hisab, pada hari Kamis, 29 Ramadan 1444 H / 20 April 2023 M, posisi hilal saat matahari terbenam di seluruh wilayah Indonesia berada di atas ufuk dengan ketinggian antara 0° 45′ (0 derajat 45 menit) sampai 2° 21,6′ (2 derajat 21,6 menit) dengan sudut elongasi antara 1° 28,2′ (1 derajat 28,2 menit) sampai dengan 3° 5,4′ (3 derajat 5,4 menit).

“Hasil hisab dan rukyatul hilal ini akan dibahas dalam sidang isbat untuk kemudian ditetapkan kapan jatuhnya 1 Syawal. Jadi kapan Hari Raya Idul Fitri, kita masih akan menunggu keputusan sidang isbat,” ujar Kamaruddin.

Ia menambahkan, hasil sidang isbat akan diumumkan secara terbuka melalui konferensi pers. (*/SM-05)

No More Posts Available.

No more pages to load.