Tiga Calon DPD RI Petahana Sudah Daftar di KPU Maluku, Nono Sampono Menyusul

oleh -1,228 views
oleh
Anna Latuconsina (kiri) dan moment saat Mirati Dewaningsih Tuasikal mendaftar di KPU Maluku. -dok-

suaramaluku.com – Tiga dari empat Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI daerah pemilihan (Dapil) Provinsi Maluku, tercatat sudah mendaftarkan diri di KPU Maluku untuk pentahapan Pemilu 2024 mendatang.

Ketiganya adalah Anna Latuconsina, Mirati Dewaningsih Tuasikal dan Novita Anakotta. Yang belum mendaftarkan diri yaitu Nono Sampono.

“Ibu Novita Anakotta sudah mendaftar hari ini. Sedangkan pak Nono Sampono infonya besok (Selasa, red) mendaftar,” ujar Ketua KPU Maluku, Rifai Kubangun saat dikonfirmasi media ini, Senin (8/5/2023).

Sedangkan Anna Latuconsina telah mendaftar pertama di KPU Maluku pada Kamis (4/5/2023) dan Mirati Dewaningsih pada Jumat (5/5/2023).

“Beta telah mendaftar pada tanggal 4 Mei 2023. Beta orang pertama yang mendaftar. Mohon doa dan dukungannya,” ungkap Anna Latuconsina kepada media ini, Minggu (7/5/2023).

Anna Latuconsina merupakan salah satu petahana DPD RI selama tiga periode. Pada Pemilu 2019, Anna Latuconsina berhasil meraih suara terbanyak dari tiga anggota DPD lainnya.

Ia meraih suara sebanyak 119.091 suara. Diikuti oleh Novita Anakotta 85.862 suara. Lalu, Mirati Dewaningsih 62.135 suara dan kursi ke empat diperoleh Nono Sampono 60.934 suara.

Lebih lanjut, Rifai Kubangun menjelaskan, KPU Maluku hanya berkewenangan menerima pendaftaran calon anggota DPD RI dan calon legislatif DPRD Provinsi Maluku.

“Kami hanya memproses pendaftaran calon anggota DPD RI dan DPRD Provinsi. Kalau untuk caleg DPR RI itu daftar di KPU Pusat,” jelas Kubangun.

Proses pendaftaran para calon legislatif di KPU Maluku berlangsung sejak tanggal 1 Mei hingga 14 Mei 2023 nanti. (NP)

No More Posts Available.

No more pages to load.