Menpora Buka Kongres XII GAMKI di Ambon

oleh -339 views
oleh
Menpora RI Dito Ariotedjo membuka Kongres XII Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI), di Gedung Kristiani Center Ambon, Minggu (14/5/2023).(foto:bagus/kemenpora.go.id)

suaramaluku.com – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, Dito Ariotedjo menghadiri pembukaan Kongres XII Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) di Gedung Kristiani Centre, kawasan Talake Kota Ambon, Minggu (14/05/2023).

“Hari ini kita hadir di Kota Ambon secara resmi mewakili Bapak Presiden Joko Widodo untuk membuka Kongres XII GAMKI, salam hangat dari Bapak Presiden, bagi beliau Maluku khususnya Kota Ambon, adalah sesuatu yang hebat untuk Indonesia,” ucap Menpora Dito yang juga didampingi Asdep Karakter Pemuda Deputi Pemberdayaan Pemuda,¬†Amar Ahmad, seperti dikutip dari website kemenpora.go.id.

Menurutnya, dari tema “Pulihkan Bangsa Kami, Mewujudkan Kepemimpinan Pemuda Kristen Yang Transformatif dan Inovatif”, Presiden memberikan apresiasi karena GAMKI dipandang memiliki konsistensi dan berkelanjutan dalam turut serta membangun sektor kepemudaan.

“SDM yang berkualitas sangat diperlukan dan menjadi program pemerintah menuju 2045, dimana sebentar lagi usia 16-30 tahun akan mencapai 67 juta, yang kerap disebut Bonus Demografi,” lanjutnya dalam menyampaikan pesan Presiden.

“Peran aktif pemuda yang kreatif, inovatif, mandiri, dan berdaya saing, menjadi sebuah tuntutan pada generasi milenial atau generasi Z ini, diharapkan GAMKI menjadi salah satu pelopornya,” tambahnya.

Selain pesan Presiden, Menpora Dito juga menyampaikan harapan besarnya kepada GAMKI sebagai sebuah organisasi kepemudaan keagamaan. Kerjasama sinergitas dengan Kemenpora semakin ditingkatkan, dengan ide-ide baru yang cemerlang, meskipun secara masa jabatan yang terbilang singkat.

“Saya memang hanya 1,5 tahun masa jabatan saat ini, namun kolaborasi aktif dan dinamis dapat terus dilakukan. Kemenpora konsen dengan ide-ide gagasan untuk pembangunan kepemudaan yang kreatif, inovatif, dan dinamis,” harap Menpora Dito.

Sementara itu, Ketua Majelis Pertimbangan Organisasi Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (MPO GAMKI) Michael Wattimena, menyampaikan rasa bangganya kepada Menpora Dito Ariotedjo, karena usia muda yang begitu energik dan proaktif kepada organisasi kepemudaan.

“Ini Menteri Pemuda dan Olahraga sepanjang sejarah republik ini ada, ya ini yang muda, bahkan ganteng, cakep, dan humble (rendah hati),” puji Ketua MPO Michael Wattimena.

“Ini bukan saja kebanggaan bagi GAMKI, namun kebanggaan pemuda seluruh Indonesia,” imbuhnya.

Bukan sekedar bangga dan memuji, karena wujud begitu proaktifnya Menpora yang sejak dilantik telah menerima GAMKI dan menghadiri kegiatan GAMKI.

“Dalam catatan saya, sejak dilantik menjadi Menpora tanggal 3 April, Mas Dito sudah menerima dan menghadiri kegiatan GAMKI tiga kali. Pertama menerima audiensi kami tanggal 15 April, kemudian acara Paskah dan Dies Natalis ke-61, dan sekarang membuka kongres. Terima kasih atas perhatiannya kepada organisasi kepemudaan, khususnya GAMKI sebagai yang pertama menghadiri organisasi kepemudaan keagamaan,” katanya.

Sebelum kongres dibuka Menpora, diawali dengan kebaktian pembukaan yang dipimpin Pdt Steve Gaspersz di Gereja Pusat Maranatha di jalan Pattimura.

Turut hadir dalam kongkres tersebut yakni Deputi I Kepala Staf Kepresidenan Febry Calvin Tetelepta, Deputi II Staf Kepresidenan Yanuar Nugroho, Staf Kepresidenan Gracia Billy Mambrasar, Wagub Maluku Barnabas Orno, Pj Walikota Ambon Bodewin Wattimena, Pj, Bupati Maluku Tengah Muhamat Marasabessy, Anggota DPR-RI Mercy Barends, Ketua DPRD Provinsi Maluku Benhur Watubun, Rektor Unpatti, Rektor IAKN, serta Forkopimda Provinsi Maluku dan Wakil Ketua Umum GAMKI Sherly Wattimena. (“/NP)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.