Aurelline Uneputty Sumbang Medali Emas untuk Indonesia di Karatedo International Championships 2023

oleh -748 views
oleh
Karateka muda Indonesia, Aurelline Edfenza Uneputty sumbang medali emas di ajang Karatedo International Championships 2023. (Foto: Basudiwa/MPI)

suaramaluku.com – Berjuang keras dan sempat cedera di tangan, akhirnya karateka muda Aurelline Edfenza Uneputty berhasil sumbang medali emas untuk Indonesia di ajang Shitoryu Karatedo International Championships 2023.

Aurel meraih medali emas kala beraksi di Lapangan Tenis Indoor Senayan, Jakarta, pada Sabtu (23/9/2023).

Namun hasil yang diraihnya tersebut harus dibayar mahal. Aurel mengalami cedera di bagian jari tangan kirinya saat bertanding di final.

Senyumnya pun sementara waktu berubah menjadi tangis haru saat ditanya persembahan medali untuk siapa. Seketika Aurel terbayang sosok orangtuanya.

Gadis asal Ambon Maluku itu mengatakan medali emas yang direbutnya ini dipersembahkan untuk kedua orang tuanya terkhusus kepada sang ibu. Dia juga berterimakasih kepada Shindokan Maluku dan Shindokan Indonesia.

“(Nangis) mau persembahin buat orang tua, mama. Shindokan, Shindokan Maluku, terutama orang tua. Tetap semangat latihan,” ujarnya kepada media termasuk MNC Portal Indonesia, Sabtu (23/9/2023).

Aurel berhasil menjadi pemenang di partai final Kumite pemula putri plus 47 kategori usia 12-13 tahun. Pertarungan ini juga menjadi momen spesial baginya karena harus bertempur melawan sahabatnya sendiri, Andini.

Aurel mengaku sempat bimbang saat menghadapi Andini bagaimana harus menjaga perasaannya sebagai seorang sahabat. Namun laga tetaplah laga, Aurel terus memacu kemampuannya habis-habisan.

Begitupun Andini, pertarungan keduanya sengit terjadi. Jari tangan kiri Aurel kemudian harus diperban setelah tak sengaja terkena tendangan Andini.

Tidak mundur, Aurel semakin ganas di Tatami (lapangan bertarung). Singkat cerita, dia pun sukses menegaskan kemenangannya tersebut.

“Di partai final lawan teman dan sahabat saya sendiri, Andini, itu susah sih untuk bedain gimana caranya jaga perasaannya, jadi di pertandingan main habis-habisan aja,” pungkasnya

Untuk diketahui, dalam event tersebut, tim Indonesia hanya ditargetkan 10 emas, tetapi justru cetak sejarah dengan juara umum Karatedo International Championships 2023. Indonesia sukses menjadi juara umum dengan raihan 25 emas, 21 perak, dan 43 perunggu.

Turnamen World Shitoryu Karate-Do Federation (WSKF) 2023 telah selesai dilaksanakan pada Minggu (24/9/2023). Secara keseluruhan, Indonesia merebut 89 medali dengan 25 di antaranya adalah emas.

Dengan raihan tersebut, Indonesia sukses melewati raihan Jepang yang duduk di posisi kedua. Jepang memiliki 24 emas, lima perak, dan lima perunggu pada akhir turnamen.

Posisi ketiga ditempati oleh Taiwan dengan raihan total 32 medali. Mereka mengoleksi 12 emas, 14 perak, dan enam perunggu.

Indonesia pun menciptakan sejarah dengan menjadi juara umum untuk pertama kalinya di ajang ini. Hal ini jauh dari target yang ditentukan karena Indonesia hanya menginginkan 10 emas saja. (*/NP)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.