Perayaan Natal di Ambon Aman, Tanpa Konvoi, Pesta Kembang Api Berkurang  

oleh -421 views
oleh

suaramaluku.com – Suasana malam Natal Kristus tahun 2023 di pusat Kota Ambon dan sekitarnya, berjalan khidmat, aman dan tanpa konvoi panjang kendaraan roda dua dan empat seperti tahun-tahun sebelumnya.

Pantauan media ini, Minggu (24/12/2023) sore dan malam, kebaktian menjelang persiapan natal di beberapa gereja di pusat kota berlangsung khidmat meski dipadati jemaatnya.

Hal itu terlihat di gereja jemaat GPM Silo, Bethania, Maranatha, Bethel/Joseph Kam, Rehoboth dan Katedral serta gereja-gereja lainnya.

Aparat keamanan Polri TNI dan unsur lainnya terlihat melakukan pengamanan di seputar gereja dan mengatur arus lalu lintas yang macet dan padat seperti di kawasan perempatan Tugu Trikora serta jalan Pattimura.

Sementara itu, salah satu tradisi keramaian malam Natal di pusat kota Ambon setelah pukul 00.00 WIT yaitu konvoi kendaraan roda dua dan empat tahun ini, nyaris tanpa konvoi.

Meskipun warga tetap membludak ke jalan-jalan utama pusat kota dengan kendaraan atau bergerombol, tetapi tidak terjadi konvoi kendaraan besar-besaran seperti biasanya.

Pasalnya, aparat Polri dan TNI telah memblok beberapa titik jalur masuk ke pusat kota. Diantaranya titik yang diblok yaitu kawasan Jembatan Merah Putih (JMP), Batumerah, Ahuru, Belakang Soya, Tugu Trikora, Batugantung/Talake dan Pohon Mangga Air Salobar.

Namun demikian, konvoi kendaraan dalam jumlah kecil-kecilan masih ada. Tetapi jalur yang mereka lalui pendek dan hanya terpusat pada beberapa ruas jalan saja.

Sedangkan tradisi pesta kembang api oleh masyarakat atau komunitas di lingkungan masing-masing tetap berlangsung, namun jumlah durasi waktunya menurun atau berkurang. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya.

Ketertiban dan keamanan malam natal maupun silaturahmi di hari natal berjalan aman dan lancar, lantaran kesiapsiagaan aparat Polri, TNI dan pendukung lainnya serta kesadaran warga.

Untuk diketahui, sekitar 2.223 personel TNI Polri dikerahkan Polda Maluku untuk amankan perayaan Natal dan Tahun Baru di Maluku. Di kota Ambon dan sekitarnya saja diturunkan sedikitnya 700 aparat keamanan.

Sementara itu, Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif bersama Pangdam XVI Pattimura Mayjen TNI Syafrial, juga meninjau secara langsung kesiapan pengamanan ibadah Natal di sejumlah gereja di kota Ambon, Minggu (24/12/2023).

Kapolda, Pangdam dan Danlantamal IX Ambon Brigjen TNI Mar Said Latuconsina, juga mengecek Pos Pengamanan Talake, dan Pos Pelayanan di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon.

Kapolda mengatakan, proses pengecekan kesiapan pengamanan Natal 2023 terbagi dalam tiga tim. Tim ini bergerak bersama mengunjungi 16 Pos Pengamanan maupun Pelayanan di Ambon.

“Hari ini Saya dengan Pangdam dan beberapa Forkopimda, ada Danlantamal, Kapolresta, kita melakukan pengecekan ke Pos Pam dan tempat-tempat ibadah khususnya yang besar Gereja Katedral dan Gereja Maranatha,” kata Kapolda.

Kapolda juga memberikan apresiasi kepada organisasi Maluku Satu Rasa Salam Sarane yang turut membantu berjaga-jaga di depan gereja. Ia berharap hal tersebut dapat menjadi semangat yang baik dalam menjaga kerukunan antar umat beragama.

“Kita sangat mengapresiasi bahwa dari lintas agama juga melakukan pengamanan di Gereja Maranata ini, mudah-mudahan menjadi semangat yang baiklah untuk menjaga kerukunan dan toleransi antar sesama,” harapnya.

Irjen Latif juga berharap perayaan Natal dan Tahun Baru khususnya di Ambon serta Maluku pada umumnya dapat berjalan aman, nyaman dan membawa kedamaian.

“Kita tadi sudah sama-sama dengan Kapolda, Danlantamal dan teman-teman Polri yang ada, kita ingin meyakinkan bahwa pengamanan Natal ini bisa berjalan dengan baik,” kata Pangdam Pattimura Mayjen TNI Syafrial menambahkan.

Pada kesempatan itu, Kapolda dan Pangdam juga bersama-sama mengucapkan selamat Natal 2023 kepada umat Kristen dan Tahun Baru 2024 kepada seluruh masyarakat Maluku.

Untuk diketahui, dalam proses pengecekan kesiapan pengamanan Natal, Polda Maluku membagikan tiga tim. Tim pertama dipimpin langsung oleh Kapolda.

Sementara untuk tim kedua dipimpin oleh Wakapolda Brigjen Pol Stephen M. Napiun. Tim kedua meninjau Pos PAM Air Salobar, Tempat Putar Angkot Kudamati dan Pos PAM Jembatan Merah Putih (JMP) Galala.

Sedangkan tim ketiga dipimpin Direktur Intelkam Polda Maluku. Tim ketiga meninjau Pos PAM JMP Poka, Durian Patah dan Pos PAM Passo. (NP)

No More Posts Available.

No more pages to load.