Pangdam Pattimura Resmikan Yonif 735/Nawasena Bermarkas di Malra  

oleh -973 views
oleh
Pangdam XVI/Pattimura Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Syafrial meresmikan satuan bataliyon baru yaitu Batalyon 735/Nawasena. (Foto pendam pattimura).

suaramaluku.com – Panglima Kodam (Pangdam) XVI/Pattimura Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Syafrial meresmikan satuan bataliyon baru yaitu Batalyon 735/Nawasena yang bermarkas di Desa Ibra, Kecamatan Kei Kecil, Kabupaten Maluku Tenggara (Malra), Senin (29/1/2024).

Dengan demikian, di jajaran Kodam Pattimura yang meliputi wilayah Provinsi Maluku dan Maluku Utara (Malut), telah ada lima bataliyon.

Yaitu Yonif 731/Kabaresi di Pulau Seram, Yonif 732/Banau di Malut, Yonif Riders 733/Masariku di Ambon, Yonif 734/Satria Nusa Samudera di Tanimbar dan terbaru Yonif 735 di Malra.

Peresmian batalyon tersebut, ditandai dengan pembukaan selubung lambang kesatuan “Vira Manggala Dharma Satya“ dan penyerahan oleh Pangdam kepada Danyonif 735/Nawasena serta penandatanganan prasasti.

Pangdam Pattimura juga memimpin upacara alih kodal dua Kompi Senapan Yonif 731/Kabaresi dan 2 Kompi Senapan Yonif 734/Satria Nusa Samudra untuk menjadi kompi-kompi dibawah satuan batalyon baru, Yonif 735/Nawasena.

Dalam kesempatan itu, Mayjen TNI Syafrial menjelaskan, pembentukan batalyon baru, yaitu Yonif 735/Nawasena itu merupakan realisasi dari kepercayaan masyarakat, pemerintah daerah dan segenap komponen bangsa yang ada di wilayah Maluku Tenggara.

“Peresmian Yonif 735/Nawasena ini, menandai bertambahnya gelar kekuatan TNI Angkatan Darat di wilayah Kodam XVI/Pattimura. Hal ini, telah melalui berbagai pertimbangan dan kajian yang mendalam secara cermat dan seksama terhadap berbagai aspek,” kata Mayjen TNI Syafrial dalam keterangan resminya yang diterima wartawan, Senin, 29 Januari 2024.

Mantan Kepala Staf Komando Cadangan Strategis TNI AD (Kas Kostrad) itu juga berpesan kepada seluruh prajurit Yonif 735/Nawasena agar senantiasa menjaga dan memelihara kepercayaan yang telah diberikan oleh pimpinan TNI Angkatan Darat dan masyarakat dengan sebaik-baiknya.

“Jaga silaturahmi serta jalin komunikasi, bangun sinergitas, solidaritas dan kolaborasi yang baik dengan Polri, Pemerintah Daerah dan segenap masyarakat Kabupaten Maluku Tenggara untuk mewujudkan situasi wilayah yang aman dan kondusif,” ujarnya.

Pangdam juga berpesan kepada seluruh personel Yonif 735/Nawasena agar terus berupaya meningkatkan kualitas sumber daya prajurit yang profesional, memiliki semangat dan etos kerja yang tinggi.

“Segera menyesuaikan diri dengan lingkungan wilayah tugas yang ada, pahami adat istiadat dan kearifan lokal masyarakat di wilayah,” tandas Mayjen TNI Syafrial. (SM-05)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.