Relawan Michael Wattimena Optimis Raih Kursi DPR RI Dapil Maluku

oleh -709 views
oleh
Michael Wattimena (nomor tiga dari kiri) didampingi kordinator relawan. (Foto tomi b).

suaramaluku.com – Relawan Milenial dan Sahabat Bung Michael Wattimena (BMW) optimis, satu kursi DPR RI dari daerah pemilihan (dapil) Maluku akan diraih caleg mereka dari Partai Demokrat.

Hal tersebut disampaikan Kordinator Relawan Michael Wattimena, Ernest Kuhuparuw, saat jumpa pers di Resto Dua Ikan kawasan Lateri, Sabtu (24/2/2024).

Menurutnya, rasa optimis akan mendapatkan perolehan suara yang signifikan tersebut, berdasarkan data dan angka dari TPS yang dikumpulkan para saksi juga relawan sesuai formulir C1 plano dan C1 KWK.

Sebagai contoh sampel, Ernest ungkapkan hasil perolehan suara Michael Wattimena di dapil Maluku 1 yakni Kota Ambon.

“Sampai kini di Kota Ambon, BMW telah meraih 19.129 suara. Itu pun baru dari 792 TPS. Masih tersisa sekitar 148 TPS lagi. Bila dari TPS sisa BMW rata-rata dapatkan 5 sampai 10 suara per TPS, maka total perolehan BMW capai 20 ribuan lebih suara. Ini baru dari dapil Maluku 1 saja,” jelasnya.

Namun demikian, total angka di Kota Ambon tersebut, sampai kini belum terbaca di sistem rekapitulasi suara (Sirekap) website resmi KPU.

Pasalnya, hingga Minggu 25 Februari 2024 pukul 12.00 WIT suara masuk 2.283 TPS dari total 5.622 TPS (40,61%) untuk 11 kabupaten kota di Maluku, perolehan suara BMW baru tercatat 15.121. Dengan total suara partai dan para caleg 19.786.

“Kami hormati dan apresiasi tugas KPU sebagai penyelenggara Pemilu. Tetapi model perhitungan Sirekap nya kan bermasalah, agak aneh dan lambat. Contoh suara BMW di Kota Ambon saja hasilnya lebih banyak dari perolehan di Sirekap untuk 11 kabupaten kota se Maluku,” ujarnya.

Ernest mengatakan, selain Kota Ambon, relawan BMW juga sudah punya data angka sementara perolehan di Dapil Maluku 3, yaitu Maluku Tengah dan Maluku 4 atau Seram Bagian Barat (SBB).

“Di Maluku Tengah misalnya sebagai dapil terbesar. Data yang kami sudah dapat di 301.TPS dari total 900 an TPS, BMW sementara peroleh 9.300 suara. Belum termasuk dari dapil SBB,” katanya.

Diakuinya, relawan masih belum dapat data dan angka yang vakid dari dapil Maluku 7 yaitu Kabupaten Tanimbar dan Maluku Barat Daya (MBD), karena terbatasnya akses komunikasi.

“Dari data dan angka yang telah masuk. Kami optimis BMW dari Partai Demokrat bisa meraih satu kursi DPR RI. Kita pantau dan kawal saja rekapitulasi suara, hingga nantinya ditetapkan secara manual oleh KPU Maluku,” tutur Ernest yang didampingi oleh BMW.

Dalam kesempatan itu, BMW mengatakan, semasa kampanye pihaknya telah menjangkau 11 kabupaten seluruh Maluku. Disitulah dia menerima aspirasi dan keinginan madyarakat yang dikunjunginya.

“Istilahnya bersakit sakit dahulu, berakit rakit kemudian. Yang penting berjuang maksimal, hasilnya kita tunggu saja penetapan KPU. Secara pribadi saya optimis masyarakat beri kepercayaan. Kita lihat saja nanti,” ujar BMW.

HASIL SIREKAP

Sementara itu, meski perhitungan suara melalui Sirekap di website KPU, sering bermasalah dan terus dikoreksi sehingga mengalami perubahan perolehan suara hampir tiap hari, namun masyarakat dan kalangan pers menjadikannya untuk lihat perkembangan hasil suara.

Untuk data hasil sementara para caleg DPR RI dapil Maluku, sedikitnya ada 7 partai yang bersaing guna merebut 4 kursi dari perolehan suara sah caleg dan akumulasi suara partai.

Data Sirekap Minggu 25 Februari 2024 pukul 12.00 WIT suara masuk 2.283 TPS dari total 5.622 TPS (40,61%) untuk 11 kabupaten kota di Maluku, perolehan suaranya sebagai berikut:

Posisi suara terbanyak sementara diraih Widya Pratiwi Ismail dari Partai Amanat Nasional (PAN). Istri Gubernur Maluku itu meraih 41.235 suara. Sedangkan akumulasi suara sah partai dan para caleg 44.064.

Disusul Hendrik Lewerissa dari Partai Gerindra. Caleg petahana ini peroleh 30.825 suara. Sedangkan akumulasi suara sah partai dan para caleg 39.040.

Kemudian, Saadiah Uluputty dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Caleg yang juga petahana ini sementara dapat 23.999 suara. Sedangkan akumulasi suara sah partai dan para caleg 32.660.

Berikutnya, Mercy Christy Barends yang juga petahana dari PDI Perjuangan peroleh 22.656 suara. Sedangkan akumulasi suara sah partai dan para caleg 32.499.

Selanjutnya, Michael Wattimena dari Partai Demokrat untuk sementara meraih 15.121 suara. Dengan total akumulasi suara sah partai dan para caleg 19.786.

Posisi keenam sementara adalah caleg petahana Abdullah Tuasikal dari Partai Nasdem dengan raihan 13.206 suara. Dengan total suara sah partai dan para caleg 22.600.

Peringkat ketujuh diduduki Hamzah Sangadji dari Partai Golkar 9.504 suara. Dengan total suara sah partai dan para caleg 18.834. (NP)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.