Siapa Pengganti Elly Toisuta dan Latupono di Pimpinan DPRD Kota Ambon?  

oleh -283 views
oleh
Morits L. Tamaela. (Foto dok pribadi).

suaramaluku.com – Komposisi pimpinan DPRD Kota Ambon dipastikan akan berubah. Hal ini terjadi sesuai Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Pemilu tahun 2024 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Ambon, Sabtu (9/3/2024) lalu.

Pasalnya, kursi ketua dewan yang diduduki Elly Toisuta dari Partai Golkar (dapil Nusaniwe) harus lengser. Lantaran partainya hanya peroleh 3 kursi dari empat dapil. Satu kursi di dapil Sirimau 2 gagal dipertahankan.

Selain itu, posisi Wakil Ketua DPRD Kota Ambon yang ditempati Rustam Latupono dari Partai Gerindra di Dapil Sirimau 2 juga gagal lolos ke periode berikutnya.

Pimpinan DPRD Kota Ambon yang bertahan hanyalah Gerald Mailoa dari PDI Perjuangan sebagai Wakil Ketua dari dapil Nusaniwe.

Lantas siapakah pengganti Elly Toisuta dan Rustam Latupono dan partai manakah untuk kursi pimpinan DPRD Kota Ambon?

Berdasarkan hasil Pemilu 2024 dari data KPU Kota Ambon, maka Partai Nasional Demokrat (Nasdem) yang akan duduki jabatan Ketua DPRD Kota Ambon periode 2024 – 2029.

Keberhasilan Nasdem ini merupakan sejarah baru pimpinan ketua DPRD Kota Ambon. Mereka sukses menggeser dominasi Partai Golkar dan PDI Perjuangan yang bertahta sejak orde baru hingga orde reformasi.

Nasdem mampu merebut 4 kursi di dapil Sirimau 1, Sirimau 2, Nusaniwe serta Baguala dan Teluk Ambon. Mereka mengumpulkan suara terbanyak yaitu 20.916 suara.

Bila berdasarkan perolehan tersebut, jelas Partai Nasdem akan jabat posisi Ketua DPRD Kota Ambon periode 2024 – 2029 nanti.

Siapa figurnya? Ada empat caleg Nasdem yang lolos dari dapilnya yaitu Morits Tamaela, Nathan Palonda, Irene Maureen Russel dan Yacoba Lekahena.

Dari empat nama itu, diprediksi Morits Tamaela akan jadi Ketua DPRD Kota Ambon lima tahun ke depan. Karena dia adalah caleg petahana dan juga Ketua DPC Partai Nasdem Kota Ambon. Tiga lainnya merupakan pendatang baru di rumah rakyat Belakang Soya.

“Kami punya aturan dan mekanisme partai. Jadi, soal siapa duduki kursi ketua dewan, nanti ditentukan oleh DPP Partai Nasdem,” ujar Morits Tamaela kepada media ini, Senin (1/4/2024).

Lalu siapakah pengganti Rustam Latupono dari Partai Gerindra untuk posisi Wakil Ketua?

Jabatan Wakil Ketua II akan ditempati figur dari Partai Persatuan Indonesia (Perindo). Partai ini juga meraih 4 kursi di empat dapil. Mereka peroleh suara terbanyak ketiga dibawah Nasdem dan PDIP yakni 17.767 suara.

Empat caleg Perindo yang lolos yaitu Patrick Moenandar, Hamsudin, La Ode Rawidin dan Harry Far Far.

Diprediksi tiga nama yakni Patrick Moenandar, La Ode Rawidin dan Harry Far Far akan berpeluang duduki kursi Wakil Ketua DPRD Kota Ambon.

Sedangkan kursi Wakil Ketua milik PDI Perjuangan yang dijabat Gerald Mailoa masih aman. Lantaran mereka juga meraih 4 kursi di empat dapil dam peroleh suara terbanyak kedua yakni 18.439 suara.

Empat caleg PDIP yang lolos yaitu dua petahana adalah Gerald Mailoa dan Lucky Nikijuluw, serta Haris Solissa dan Aldy Sarimanela.

Namun PDIP kehilangan dua petahananya yang gagal di dapilnya yakni Jemmy Matita dan Jeffry Taihutu.

Dengan demikian, komposisi pimpinan DPRD Kota Ambon periode 2024 – 2029 pada November nanti adalah Partai Nasdem (Ketua), PDI Perjuangan (Wakil Ketua I) dan Partai Perindo (Wakil Ketua II).

Partai lain yang merebut 4 kursi adalah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Mereka peroleh 16.035 suara dan duduki peringkat keempat. Sedangkan Partai Golkar posisi kelima dengan 3 kursi dan peroleh 17.447 suara. (NP)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.