Shalat Id Tahun Ini di Kota Ambon Dilaksanakan di Lapangan Merdeka 

oleh -185 views
oleh
Suasana di Lapangan Merdeka Ambon. (Foto dok).

suaramaluku.com – Yayasan Masjid Raya Al Fatah Maluku bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon dan Pemerintah Provinsi Maluku akan memakai ikon Kota Ambon yaitu Lapangan Merdeka yang berada di pusat kota untuk melangsungkan ibadah Shalat Id untuk pertama kalinya setelah 25 tahun pasca-konflik Maluku.

“Ini merupakan kolaborasi antara Pemkot Ambon dan Pemprov Maluku. Kami, Yayasan Al Fatah diberikan tugas untuk membantu persiapkan hal-hal teknis seperti pengaturan mimbar, shaf, lainnya,” kata Ketua Yayasan Al Fatah Maluku Hadi Basalamah, Selasa (9/4/2024) seperti dikutip dari Antara.

Untuk diketahui, pemerintah pusat melalui Kementerian Agama RI telah melakukan sidang Isbat dan menetapkan 1 Syawal 1445 Hijriah atau Hari Raya Idul Fitri 2024 jatuh pada hari Rabu 10 April 2024.

Basalamah mengatakan, ibadah Shalat Id yang dilakukan di Lapangan Merdeka Kota Ambon ini juga merupakan permintaan Gubernur Maluku, Murad Ismail agar bisa lebih dekat dengan masyarakat pada akhir masa jabatannya.

“Ini akhir masa jabatan bapak gubernur, sekaligus ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah kepada seluruh warga Muslim di Maluku,” katanya.

Selain itu, kata dia, pelaksanaan Shalat Id di Lapangan Merdeka juga merupakan simbol kerukunan antar-umat beragama di Kota Ambon Maluku. Pasalnya, letak Lapangan Merdeka ini bersebelahan langsung dengan Gereja Maranatha yang merupakan simbol umat beragama Kristen di Maluku.

“Ini jadi satu momen yang menggambarkan kerukunan di Maluku, kita bisa melihat bahwa ibadah Shalat Id dilakukan langsung bersebelahan dengan gereja. Selain itu juga berdasarkan syariat Nabi Muhammad Shalat Id sebaiknya dilakukan di lapangan, karena jika di Masjid Al Fatah, shaf untuk jamaah yang berada di luar masjid tidak bisa dipertanggungjawabkan keabsahannya karena susah diatur,” ujarnya.

Pihaknya terus melakukan koordinasi dengan Forkopimda terkait pengamanan, rekayasa lalu lintas, dan lain sebagainya, untuk memastikan ibadah Shalat Id di Lapangan Merdeka Kota Ambon berlangsung lancar, damai, dan penuh keakraban serta toleransi.

“Kami perkirakan nantinya jumlah jamaah Shalat Id  di Lapangan Merdeka mencapai sekitar 5.000 orang. Kami sedang sosialisasikan agar seluruh umat Islam di Ambon ikut shalat di Lapangan Merdeka. Nanti imam yang bertugas dari Al Fatah, khatibnya akademisi IAIN Ambon Muhammad Attamimi. Oleh sebab itu persiapan terus kami matangkan,” tuturnya. (Ant/SM-05)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.