Cedera Kaki Kanan, Capaian Alvin Jauh dari Rekornas Miliknya, Maluku Gagal Tambah Medali dari Atletik

oleh -1.005 views

suaramaluku.com – Kontingen Maluku gagal menambah medali dari sprinter tim Indonesia, Alvin Tehupeiory pada nomor 200 meter putri PON XX 2021 di Mimika Sports Complex, Timika Papua, Senin (11/10/2021).

Alvin yang sebelumnya meraih medali emas di nomor 400 meter gawang untuk Maluku, pada babak final nomor spesialisnya 200 meter justru hanya masuk finis di urutan empat dari delapan pelari.

Waktu yang diperoleh Alvin yaitu 24,68 detik. Catatan itu jauh dari rekor nasional (Rekornas) miliknya 23,76 detik yang diciptakan pada Kejurnas 2019 lalu.

Saat itu Alvin mampu pecahkan Rekornas milik seniornya dari Maluku juga, Irene Joseph yang sudah bertahan sekitar 20 tahun.

Bahkan bukan saja Alvin gagal dekati catatan waktu Rekornasnya. Yang menjadi juara di final PON Papua ini pun waktu jauh dari Rekornas.

Pasalnya, peringkat pertama yang merebut medali emas yaitu Sri Mayasari (Sumsel) hanya mencapai waktu 24,07 detik, medali perak diraih Hasruni (Bengkulu) dengan waktu 24,60 dan medali perunggu oleh Jeany Nuraini (DKI Jakarta) waktu 24.60 detik.

Kegagalan Alvin menambah medali untuk Maluku lantaran dirinya sedang dalam kondisi tidak prima atau cedera sepulangnya dari Olimpiade Tokyo bulan Juli lalu.

Hal itu pun diakuinya kepada wartawan di Timika usai meraih medali emas 400 meter gawang putri, dua hari lalu.

Menurutnya, di arena atletik PON XX Papua ini dirinya tengah mengalami cedera pada kaki kanan. Sehingga, kurang optimal pada saat lomba.

“Waktu 400 meter gawang, saya pakai kaki kiri sebagai tumpuan. Karena kaki kanan sedang cedera. Tapi saya berusaha, demi Maluku saya mampu dan bisa,” ungkap nona asal Hutumuri ini.

Akibat cedera tersebut, Alvin akui di nomor 100 meter ia tampil tidak prima. Hal itu kini terjadi lagi di nomor spesialisasinya 200 meter. Kedua nomor itu Alvin hanya menempati urutan empat.

Meskipun sukses meraih emas nomor 400 meter gawang, namun catatan waktu nya di final yaitu 1.01.64 detik masih jauh dari Rekornas yang dipegang seniornya dari Maluku, Viera Hetharie yang mencatat waktu 59.64 detik pada tahun 2011.

“Saya akui target belum tercapai, karena masih cedera. Namun, saya berusaha yang terbaik untuk Maluku,” ujar Alvin.

Selain Alvin, kontingen Maluku di cabang atletik PON Papua ini, juga diperkuat beberapa atlet di berbagai nomor.

Yaitu Nining Souhaly di nomor 200 dan 400 meter putri, Elvis Telusa di nomor 400 meter dan 4 x 400 meter putra, Wempi Pelamonia 800 meter, Budi Prayogo di nomor 4 x 400 meter, Yacob Tahapary 4 x 400 meter dan Ridwan Welerubun 4 x 400 meter. (novi pinontoan)

No More Posts Available.

No more pages to load.