59 Guru SD dan SMP di Ambon Dilantik sebagai Kepala Sekolah

oleh -602 views

suaramaluku.com – Sebanyak 59 guru Sekolah Dasar (SD) dan 11 guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) dilantik dalam tugas tambahan sebagai Kepala Sekolah berdasarkan SK Walikota Ambon Nomor 750 dan 751 dan Tahun 2021.

Acara pengambilan sumpah-janji serta pelantikan dipimpin oleh Wakil Walikota (Wawali), Syarif Hadler, di Tribun Lapangan Merdeka, Kamis (16/12/2021).

Menurut Wawali, para guru yang dilantik sebagai Kepala Sekolah yang defintif, sebelumnya telah menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Sekolah di tempat tugas masing – masing.

“Sejak tahun lalu, karena kita masih kekurangan guru, maka guru-guru ini diberikan tugas tambahan sebagai plt. Kepala Sekolah,” terangnya.

Menurut Wawali, kepala sekolah memiliki tugas untuk meningkatkan kualitas pendidikan sebagaimana program prioritas Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon yakni Ambon cerdas. Pendidikan, lanjutnya juga menjadi salah satu elemen penting dalam mengukur Indeks Pembangunan Manusia (IPM) suatu daerah.

Kota Ambon pada tahun 2020, memiliki IPM 80,84 yang dikategorikan tinggi. Namun demikian dua elemen penting yang disumbang dari Sektor Pendidikan perlu ditingkatkan, yakni Angka Rata – Rata Lama Bersekolah dan Angka Harapan Bersekolah.

“Harapan lama bersekolah mencapai 16,03 tahun dan rata–rata lama bersekolah 11,92, tahun ini harus terus menjadi perhatian dan fokus dari kepala sekolah untuk terus ditingkatkan, karena dua indikator ini berkorelasi dengan banyak hal, antara lain usia harapan hidup dan sumberdaya manusia di sebuah daerah,” jelasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.